Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia Masih Rendah

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi bila pasar otomotif dalam negeri akan terus mengalami pertumbuhan yang positif pada beberapa tahun ke depan.

Hal tersebut dikarenakan rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih rendah bila dibandingkan dengan Thailand dan Malaysia, serta semakin banyaknya pabrikan otomotif yang berkomitmen untuk masuk ke pasar domestik.

Kabar terbaru, produsen asal China, Chery, dalam waktu dekat akan kembali hadir menyapa warga Indonesia dengan produk yang lebih segar. Sebelumnya ada kendaraan komersial milik SAIC Motor Corporation Ltd, Hongyan di 2020.

"Saat ini penduduk di Indonesia sekitar 270 juta orang tapi raiso kepemilikan mobil baru mencapai 99 unit mobil per 1.000 orang. Itu, masih sangat rendah dibanding dengan negara ASEAN lainnya," kata Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara belum lama ini.

Di Thailand, lanjut dia, rasio kepemilikan mobil ialah 275 unit per 1.000 orang sementara di Malaysia, 400 unit per 1.000 orang. Jadi, dengan hanya melihat populasi maka potensi kepemilikan mobil di Tanah Air sangat besar.

Tak hanya itu, saat ini infrastruktur jalan di Indonesia semakin baik dan banyak sehingga pasar otomotif-nya pun kian menarik. Untuk diketahui, rata-rata total penjualan mobil di Indonesia tiap tahunnya ialah 1,1 juta unit.

Di samping itu, pemerintah RI juga tengah serius untuk menggarap program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di dalam negeri, termasuk membangun industri baterainya.

"Tentu saja, banyak aspek yang kini menarik bagi para investor, tidak hanya dari China saja," kata Kukuh.

Adapun mengenai Chery yang ingin kembali masuk ke Indonesia, ia menyebut rencana tersebut sudah positif. Tetapi, belum dapat dikatakan secara pasti mengenai kehadirannya.

"Kita juga sedang menghadapi pandemi Covid-19, jadi tergantung situasi juga. Tapi secara umum, kami menyambut baik merek apapun untuk masuk Indonesia," ujar Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/13/162100815/rasio-kepemilikan-mobil-di-indonesia-masih-rendah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke