Salin Artikel

Mobil Listrik BMW i Vision Circular, Dibuat dari Bahan Daur Ulang

Pada ajang pameran kendaraan terbesar di Jerman ini, BMW Group secara konsisten menunjukkan fokusnya untuk memerangi perubahan iklim dunia.

Sustainability atau keberlanjutan dan target penurunan emisi CO2 serta langkah-langkah dan konsep konkrit untuk mencapai tujuan tersebut.

Untuk mencapai pengurangan emisi CO2 lebih lanjut, fokusnya adalah pada fase pemanfaatan kendaraan, yang menyumbang 70 persen dari jejak CO2. BMW Group merencanakan pengurangan emisi CO2 per kendaraan minimal 40 persen.

“Faktor penentu dalam memerangi pemanasan global adalah seberapa kuat sebuah perusahaan dapat memperbaiki jejak karbon kendaraan selama masa pakainya. Inilah sebabnya mengapa BMW Group tetapkan tujuan yang transparan dan ambisius untuk pengurangan emisi CO2 yang substansial,” ucap Oliver Zipse, Chairman of the Board, Management BMW AG.

BMW Group akan meningkatkan secara signifikan persentase penggunaan bahan sekunder di kendaraannya. Rata-rata, kendaraan saat ini diproduksi menggunakan hampir 30 persen bahan daur ulang dan dapat digunakan kembali.

Dengan pendekatan “Secondary First”, BMW Group berencana untuk tingkatkan angka ini berturut-turut menjadi 50 persen.

Dengan BMW i Vision Circular, BMW Group hadirkan desain kendaraan yang sesuai dengan prinsip Circular Economy.

Tujuan desain keseluruhan kendaraan visioner ini adalah untuk menciptakan kendaraan yang dioptimalkan untuk siklus material tertutup. Selain itu mencapai tingkat penggunaan 100 persen bahan daur ulang atau 100 persen dapat didaur ulang.

Selain bahan baku berbasis bio dan bersertifikat, bahan yang telah melewati siklus hidup produk, yang disebut bahan sekunder, digunakan juga pada BMW i Vision Circular.

Ini juga berlaku untuk sistem penyimpanan energi, baterai solid-state BMW i Vision Circular 100 persen dapat didaur ulang dan hampir seluruhnya terbuat dari bahan daur ulang.

“BMW telah terapkan sirkularitas dalam konsep kendaraan sejak awal ketika merancang BMW i Vision Circular. Itulah mengapa kendaraan visioner ini penuh dengan ide-ide inovatif yang menggabungkan Sustainability dengan desain estetika inovatif dan inspiratif – kami menyebutnya pendekatan Circular Design,” jelas Adrian van Hooydonk, Head of BMW Group Design.

Di bawah payung electric mobility, digitalisasi, dan Sustainability, BMW Group akan menghadirkan empat konsep inovatif untuk mobilitas serbaguna, dan berkelanjutan untuk kendaraan roda dua dan empat di ajang IAA Mobility 2021 – selain BMW i Vision Circular.

Selain itu, dua model inti dari rangkaian kendaraan listrik BMW yakni BMW iX dan BMW i4 yang telah diperkenalkan ke publik, untuk pertama kalinya akan tampil pada ajang IAA Mobility 2021.

Sementara versi full-listrik dari BMW Seri 5 dan BMW X1 juga akan menyusul di tahun-tahun mendatang. Hal yang sama berlaku untuk BMW Seri 7 dan penerus MINI Countryman.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/07/160100615/mobil-listrik-bmw-i-vision-circular-dibuat-dari-bahan-daur-ulang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.