Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Kelebihan Bus dengan Pintu di Tengah

JAKARTA, KOMPAS.com – Akses menuju kabin bus besar biasanya ada dua, lewat pintu depan atau belakang. Namun, saat ini juga tersedia bodi bus besar yang memiliki pintu di tengah, bukan di belakang.

Secara tampilan, bus dengan pintu di tengah memang terlihat lebih premium. Pasalnya, kebanyakan bus dengan pintu di tengah, menggunakan sasis premium dengan tenaga yang besar, bisa di atas 300 TK.

Selain tampilan bus yang terlihat mewah, apa saja kelebihan dari bus dengan pintu di tengah?

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, salah satu yang menjadi kelebihan bus dengan pintu tengah bagi penumpang adalah akses menuju kabin yang lebih mudah.

“Penumpang yang masuk lewat pintu depan dan tengah bisa rata jumlahnya. Tidak menumpuk semuanya masuk dari pintu depan,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Kamis (15/7/2021).

Mengingat jika bus biasa dengan pintu yang ada di belakang, penumpang lebih memilih masuk lewat pintu depan. Dengan adanya pintu di bagian tengah bus, penumpang jadi lebih teratur masuk ke kabin dan tidak saling menghalangi.

Namun dibalik kelebihan memakai pintu tengah, ada juga kekurangannya. Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, bus dengan pintu di tengah, sedikit mengurangi kapasitas bagasi.

“Pintu yang di tengah memang ruang bagasi jadi berkurang. Ada juga pintu di belakang roda tapi itu untuk akses perbaikan atau perawatan berkala,” ucap Werry.

Apalagi jika penempatan toilet juga ada di tengah, ruang bagasi akan lebih sempit daripada bus dengan pintu di belakang. Jika memang mau memiliki bagasi yang lebih luas, beberapa PO memilih untuk menaruh pintu di belakang, bukan di tengah.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/16/114200315/kenali-kelebihan-bus-dengan-pintu-di-tengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke