Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Penularan Covid-19, Pengendara Motor Wajib Pakai Masker

SOLO, KOMPAS.com - Kasus penularan virus Covid-19 semakin meningkat di berbagai daerah. Oleh karenanya, wajib untuk menjaga diri agar tidak tertular. Salah satunya dengan membatasi aktivitas di luar rumah.

Jika pun terpaksa harus beraktivitas di luar rumah. Penggunaan masker jadi hal yang wajib dilakukan. Tidak terkecuali saat sedang mengendarai sepeda motor.

Pada masa pandemi ini, pemakaian riding gear seperti helm, jaket, dan sepatu belumlah cukup. Masker pun jadi perlengkapan yang wajib untuk dikenakan.

Hal ini ditegaskan oleh salah satu dokter yang bertugas di PMI Cabang Kota Surakarta, Arina Hidayati, saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu. Ia mengatakan bahwa pengendara motor sangat disarankan untuk mengenakan masker. 

Sementara untuk kaos tangan, Arina mengatakan bahwa itu kembali lagi kepada kenyamanan si pengendara motor. Mengingat upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona melalui tangan adalah cukup dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

“Kalau kaos tangan tergantung keperluan juga, bisa iya bisa tidak. Kalau memang tidak mau kepanasan ya pakai sarung tangan, kalau hubungannya dengan Covid-19 asal sering cuci tangan, aman," ungkapnya.

Aman yang dimaksud masih dengan catatan bahwa perilaku menjaga jarak atau physical distancing dan protokol kesehatan lainnya selalu dilakukan.

Pada waktu yang terpisah, dokter umum dr. Sumartono Kardjo mengatakan, penggunaan masker saat berkendara adalah bentuk antisipasi untuk mencegah terjadinya kontak droplet.

“Masker itu hanya melindungi dari kontak droplet, tetapi tidak melindungi dari virus. Maka setelah bepergian naik sepeda motor anggap saja tubuh kita penuh dengan virus,” katanya.

Oleh karena itu, Sumartono menyarankan sebelum melakukan kegiatan di rumah sebaiknya semua perangkat yang baru saja digunakan bepergian diganti. Seperti baju, sepatu, dan lainnya untuk segera dicuci. Setelah itu mandi menggunakan sabun yang bersih agar virus yang berpotensi menempel di tubuh dapat dibasmi.

Ia pun menambahkan, penggunaan masker saat mengendarai motor juga menjadi tindakan berjaga-jaga dari pengguna jalan lain yang tidak peduli dengan protokol kesehatan seperti meludah sembarangan di jalanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/28/112200615/cegah-penularan-covid-19-pengendara-motor-wajib-pakai-masker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke