Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Kerja Mesin Diesel pada Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia otomotif, ada beberapa jenis mesin penggerak kendaraan bermotor. Salah satunya adalah mesin diesel.

Mesin dengan bahan bakar solar ini umumnya dipasang pada kendaraan niaga bertonase besar seperti bus dan truk. Namun, ada pula kendaraan pribadi yang dipasangi mesin diesel. Beberapa model mobil Sport Utility Vehicle (SUV) adalah contohnya.

Karakteristik mesin diesel adalah menghasilkan getaran yang lebih besar dibanding mesin bensin. Namun mesin diesel juga menghasilkan torsi yang besar.

Mesin diesel tidak membutuhkan busi sebagai pemantik untuk menciptakan pembakaran. Pemicu pembakaran menggunakan udara yang telah dikompresi dan solar.

Dilansir dari Auto2000, berikut penjelasan mengenai cara kerja mesin diesel empat langkah.

Langkah pertama dinamakan langkah isap. Udara masuk ke ruang pembakaran melalui katup isap. Ini bisa terjadi karena piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) dan katup buang tertutup.

Langkah kedua adalah langkah kompresi. Sesuai namanya, ada proses kompresi berupa pemampatan udara karena katup isap dan katup buang tertutup rapat sementara piston bergerak dari TMB ke TMA. Terjadi kenaikan suhu dan tekanan udara pada ruang pembakaran.

Lalu langkah ketiga adalah langkah usaha atau kerja. Sesaat sebelum piston sampai pada posisi TMA, solar disemprotkan oleh injektor ke dalam ruang pembakaran.

Solar akan terbakar secara otomatis karena suhu pada ruang pembakaran lebih tinggi dibanding titik sulut solar. Pembakaran ini mendorong piston kembali pada posisi TMB.

Terakhir adalah langkah buang. Katup buang terbuka dan katup isap tertutup sementara piston bergerak dari posisi TMB ke TMA. Gerakan ini mendorong keluar gas sisa pembakaran.

Empat langkah tersebut terjadi berulang-ulang tanpa berhenti. Ini yang menjadikan mesin diesel dapat menggerakkan mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/26/044200015/begini-cara-kerja-mesin-diesel-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke