Salin Artikel

IIMS Hybrid Dibuka, Ini Harapan Jokowi untuk Sektor Otomotif Nasional

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dari Istana Negara, Kamis (15/4/2021).

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan beberapa harapan dengan digelarnya ajang IIMS Hybrid 2021 ini. Salah satunya agar bisa mendongkrak perkembangan industri otomotif Tanah Air.

"Saya ingin industri otomotif segera bangkit setelah diterpa pandemi Covid-19 dan memperkerjakan lebih banyak lagi tenaga, serta ikut menggerakkan industri UMKM dan segera menaikkan ekspor ke negara lain atau pasar global," ucap Jokowi dalam pidato seremoni pembukaan IIMS Hybrid 2021 secara virtual, Kamis (15/4/2021).

Menurut Jokowi, industri otomotif merupakan salah satu penggerak roda perekonomian bangsa yang harus segera diakselerasi. Karena di dalamnya banyak keterlibatan para pelaku usaha baik dari hulu hingga hilir.

Selain itu, Jokowi meminta industri otomotif meningkatkan keterlibatan sektor industri UMKM, juga memberikan nilai tambah terhadap ekonomi dalam negeri yang harus menjadi prioritas.

"Tentu saja yang paling penting adalah penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang menjadi golnya di sini," kata Jokowi.

Tak kalah penting, Jokowi juga meminta agar transformasi menuju green technology harus segera dilakukan, termasuk soal pengembangan industri mobil listrik di Indonesia.

Hal tersebut lantaran ke depannya, teknologi hijau, kendaraan hijau, termasuk ekonomi hijau akan menjadi tumpuan lantaran Indonesia memiliki potensi dan kekuatannya.

"Penggunaan energi terbarukan, seperti B30 dan B100 harus terus di lanjutkan, pengembangan industri mobil listrik ini juga harus dipercepat dan kita harapkan jadi industri unggulan negara kita," ucap Jokowi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/15/115900015/iims-hybrid-dibuka-ini-harapan-jokowi-untuk-sektor-otomotif-nasional

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.