Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pernah Jadi Fitur Khusus, Pemantik Api Sudah Tidak Ada Lagi di Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap mobil yang diproduksi oleh parbikan sejatinya sudah dilengkapi dengan lighter. Alat kecil berbentuk bundar yang menggunakan pegangan berwarna hitam itu kebanyakan dipakai sebagai pematik api elektrik.

Fungsi komponen ini memang diperuntukkan bagi para perokok untuk pengganti pematik api konvensional.

Cara menggunakanpun cukup sederhana, yakni ditekan dan tunggu beberapa detik hingga lighter otomatis kembali ke posisi semula.

Kemudian cabut lighter dari soketnya dan lihat bagian dalamnya, apabila berwarna merah atau oranye, maka lighter berfungsi normal dan bisa digunakan sebagai pematik api rokok.

Namun saat ini fitur tersebut nampaknya sudah mulai ditinggalkan oleh pabrikan kendaraan roda empat.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, tren lighter yang disematkan di mobil memang sudah mulai hilang sejak beberapa waktu lalu.

Bahkan beberapa baru keluaran Toyota sudah tidak disematkan fitur tersebut.

Hal ini sejalan dengan kebutuhan konsumen serta aturan pemerintah yang melarang untuk merokok saat berkendara.

“Ini sudah dari beberapa waktu lalu. Tentu fitur-fitur yang disematkan mempertimbangkan kondisi pasar, kebutuhan konsumen dan pedoman dari pemerintah. Semua hal ini terus dimonitor,” ujar Anton Jimmi saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/3/2021).

Pendapat yang sama juga diungkapkan oleh Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motors (HPM), Yusak Billy.

Billy mengatakan, pengembangan fitur akan disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaan oleh konsumen serta berbagai regulasi yang berlaku di masyarakat.

"Untuk fitur cigarette lighter, kami mempelajari bahwa kebutuhan konsumen belakangan ini lebih banyak untuk charging station dibanding lighter. Ini juga sejalan dengan pembatasan untuk merokok di tempat umum atau saat berkendara," ucap Billy.

Sementara itu, Harold Donnel, Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, pada dasarnya fitur tersebut dihilangkan Suzuki untuk menjaga keselamatan penumpang.

“Seingat saya, Suzuki sudah mulai tidak menyediakan lighter dan asbak mobil sejak tahun 2017. Perlahan kita change di masing-masing mobil. Basic idea-nya untuk keselamatan penumpang. Agar mereka tidak merokok di dalam mobil,” kata Harold.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/29/132100915/pernah-jadi-fitur-khusus-pemantik-api-sudah-tidak-ada-lagi-di-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke