Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Aman Menghadapi Pengendara yang Nyelonong Keluar dari Gang

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi jalan di perkotaan biasanya didominasi oleh jalanan kecil atau gang. Ada saatnya saat sedang mengemudi ada motor atau mobil yang keluar dari gang tersebut tanpa hati-hati atau menyelonong.

Tentunya kita sebagai pengendara yang lebih dahulu ada di jalan utama kadang merasa kesal dan melampiaskannya dengan menekan klakson. Selain itu bisa juga mengerem mendadak karena kaget melihat motor yang dari gang.

Lalu sebagai pengguna jalan, bagaimana cara menyikapi pengendara motor atau mobil yang tiba-tiba keluar dari gang atau menyelonong?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, menyikapi kondisi seperti itu, perlu adanya kewaspadaan dan kehati-hatian dalam berkendara.

“Kita enggak boleh lengah, secara visual pasti terlihat di mana adanya jalan tikus tersebut. Kalau kecepatan kita rendah, pasti bisa mengantisipasi dengan mengerem,” kata Sony kepada Kompas.com, Selasa (8/12/2020).

Sedangkan kalau kita tidak peduli dan tetap tancap gas, ketika ada yang tiba-tiba keluar dari gang, kecelakaan tidak bisa dihindari. Tentu saja dengan adanya kecelakaan ini kedua pihak bisa mengalami kerugian.

“Bagi pengendara, lihat jarak aman, lebar jalan, lingkungan, bangunan dan blind spot. Semakin kecil atau sempit, semakin pelan berjalan supaya punya waktu dan ruang untuk menghindar,” ucap Sony.

Sony mengatakan, kaget karena ada yang menyelonong memang pasti ada. Tapi dengan kecepatan yang pelan dan bersiap mengerem, semuanya bisa diminimalisir. Jangan lupa arahkan pandangan berkala ke titik-titik yang berpotensi munculnya kendaraan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/09/174100115/cara-aman-menghadapi-pengendara-yang-nyelonong-keluar-dari-gang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke