Salin Artikel

Bocor, Ini Sosok Harley-Davidson 338R Buatan China

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok Harley-Davidson 338R bocor di dunia maya. Motor hasil kerjasama dengan perusahaan China, Zhejiang Qianjiang Motorcycle, itu pun terlihat sudah siap untuk dipasarkan.

Penampakan ini seolah menjadi jawaban teka-teki kelanjutan H-D 338R. Sebelumnya pabrikan sempat mengumumkan akan membuat motor kecil pada tahun lalu, tapi kemudian sempat tidak jelas.

Dari foto yang beredar, tampilan motor entry level H-D itu tampak tidak jauh berbeda dengan rendering yang juga beredar sebelumnya. Meski pada foto baru ini tidak semua bodi terlihat jelas.

Melihat struktur sasis, mesin dan swing arm mirip dengan Qianjiang QJ 350 yang juga basis dari Benelli 305S. Menguatkan bahwa keduanya memang bersaudara hanya beda batch dan tampilan.

Meski tampilannya sedikit demi sedikit mulai bocor, belum ada konfirmasi kapan H-D 388R bakal resmi meluncur. Termasuk soal spesifikasi teknis yang masih berusaha ditutupi pabrikan.

Rumors yang berkembang H-D 388R akan mengusung mesin serupa Benelli 305S. Spesifikasinya 2-silinder segaris dengan bore x stroke yakni 69 mm x 45.2 mm dan mampu menghasilkan 43 tk.

Gandeng Pabrikan China

Pabrikan motor besar asal Milwaukee, Amerika Serikat, Harley-Davidson, akan bekerja sama dengan pabrikan asal China, Zhejiang Qianjiang Motorcycle. Uniknya, kerja sama ini dikhususkan untuk memproduksi motor dengan kapasitas mesin di bawah 500 cc.

Tujuan Harley-Davidson menggandeng Zhejiang Qianjiang Motorcycle adalah karena China dan Asia diyakini sebagai pasar roda dua yang menjanjikan. Di China sendiri, penjualan sepeda motor sudah meningkat hingga 27 persen di tahun 2018. Sekitar 50 persen dikuasai merek-merek dari luar China.

Dikutip dari cnet.com, Harley-Davidson sekarang sedang terkendala masalah kenaikan pajak impor baja dan aluminium dari Eropa. Hal ini terjadi sebagai balasan Uni Eropa atas kenaikan pajak masuk komoditi Eropa akibat kebijakan yang dikeluarkan Presiden AS Donald Trump.

Maka itu, Harley-Davidson mulai melirik pasar Asia, termasuk mendirikan pabrik di Thailand. Langkah tersebut diambil agar biaya produksi dan harga unit tinggi bagi pasar Asia Eropa bisa ditekan.

Steven Kentjana, Direktur PT Benelli Motor Indonesia, mengatakan bahwa kerja sama kedua perusahaan tersebut akan menghasilkan motor dengan mesin berkapasitas 338 cc.

"Produksinya akan dilakukan di Wenling, Cina, dan akan dijual di seluruh dunia. Benelli yang termasuk ke dalam grup Qianjiang juga akan menjualkan motor tersebut di Indonesia
," ujar Steven, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dari gambar yang beredar, desain motor yang akan diproduksi lebih mengikuti desain dari Harley-Davidson tipe Sportster, tepatnya XR 1200.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/28/160100615/bocor-ini-sosok-harley-davidson-338r-buatan-china

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.