Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Simpel Yamaha WR 155R Supermoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemunculan Yamaha WR 155R menambah semarak segmen trail di Indonesia. Meski datang paling akhir, motor ini dibekali mesin paling bertenaga ketimbang kompetitor.

Namun sama seperti Honda CRF150L, motor baru Yamaha ini hanya tersedia versi garuk tanah. Padahal penggemar supermoto semakin besar terutama di kota-kota besar yang minim jalan tanah.

Bagian pengembangan PT Enwan Multi Partindo (N1), distributor resmi part RCB (Racing Boy), pun membuat modifikasi WR 155R jadi supermoto, sekadar jadi acuan untuk modifikasi trail pecinta jalan raya.

"Modif supermoto banyak diminati anak muda zaman sekarang. Mereka seakan enggan bermain lumpur, melainkan lebih memilih supermoto yang identik dengan gaya motor perkotaan pakai ban aspal," katanya lewat siaran resmi, Sabtu (16/5/2020).

Buat rombakan modif fokus pertama yaitu merombak tampilan kaki-kaki, agar senada dengan konsep modif aliran supermoto yang selalu identik dengan tampilan kaki-kaki menggunakan ban tapak mulus.

Pelek dan ban standar digusur, diganti pelek Champ ukuran depan 3 inci dan belakang 3,5 inci, dibalut ban IRC ukuran 110/70-17 di depan dan 140/70-17 di belakang.

Sedang untuk permainan modifnya, lebih ditonjolkan pada pemakaian komponen RCB seputar bagian pengereman. Misalnya ditancapkan kaliper depan belakang warna emas agar lebih menonjol.

Pemasangan kaliper ini butuh penyesuaian dengan penambahan braket. Sebab kaliper RCB S3 biasanya dipakai di Honda Beat, sedang untuk caliper RCB SB2 dipakai di Satria FU.

Biar aman saat melaju dengan kecepatan tinggi, pengereman dibekali disc brake lingkar 300mm yang biasanya dipasang di Yamaha Scorpio.

Adapun grafis standar diganti dengan stiker yang lebih ramai tapi tetap kalem, paduan warna kuning dan biru bawaan pabrik. Terakhir sebagai pemanis knalpot standar digurus diganti punya aksesoris.

Yamaha WR 155R

Tahun: 2020
Style: Supermoto
Modifikator: RnD PT Enwan Multi Partindo
Kaliper depan belakang: RCB S3 dan S2
Master rem set kopling: RCB S Series
Pelek: Champ
Ban: IRC
Disc brake: PSM 300mm
Knalpot: Proliner XR1

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/17/034100015/modifikasi-simpel-yamaha-wr-155r-supermoto

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke