Salin Artikel

Masih Banyak Pengguna Kendaraan di Surabaya yang Melanggar Aturan PSBB

SURABAYA, KOMPAS.com - Jumlah pelanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jawa Timur, masih sangat tinggi, yakni mencapai ratusan orang setiap harinya.

Minimnya kesadaran masyarakat akan aturan PSBB disinyalir menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, selama pemberlakuan PSBB 28 April 2020, banyak pengendara kendaraan yang menghindari adanya pemeriksaan petugas dengan memilih jalur alternatif.

Wadirlantas Polda Jawa Timur (Jatim) AKBP Pranatal Hutajulu mengatakan, sampai dengan saat ini masih banyak pelanggaran yang terjadi selama penerapan PSBB.

“PSBB masih banyak terjadi pelanggaran, karena kesadaran masyarakat juga masih rendah,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/5/2020).

Pranatal menambahkan, banyak pengendara yang justru berusaha menghindari petugas yang berjaga di check point.

Sehingga, petugas pun kesulitan untuk melakukan pengawasan atau pembatasan aktivitas masyarakat selama PSBB.

Padahal, lanjutnya, di jalan arteri penerapan pengawasan aktivitas warga sudah sesuai dengan prosedur PSBB yang ada.

Akan tetapi, masyarakat justru memilih mencari jalan lain agar tidak melewati pemeriksaan petugas yang berjaga di check point.

“Sudah dilakukan pemeriksaan di wilayah PSBB, tetapi warga justru menggunakan jalur lain jalur tikus jadi sulit sekali pengawasannya,” ucapnya.

Menurutnya, kendala lain dalam penerapan PSBB adalah kurangnya disiplin para warganya dalam mengikuti aturan yang sudah diterapkan, salah satunya adalah dalam hal penggunaan masker.

“Masyarakatnya kurang disiplin, jalan besar sudah sesuai prosedur tetapi mereka lewat jalur lain. Dan banyak yang tidak mengenakan masker,” katanya.

Dari data yang ada, jumlah pelanggar pada Selasa (6/5/2020) mencapai 300 orang. Dari jumlah tersebut, pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara kendaraan roda dua masih mendominasi, yakni sebanyak 184 pelanggar.

Sisanya sebanyak 116 pelanggaran dilakukan oleh pengemudi kendaraan roda empat. Adapun rincian lokasi pelanggaran yang terjadi yakni di Surabaya sebanyak 102 pelanggaran, di Pelabuhan Tanjung Perak 54 pelanggaran.

Kemudian di Kabupaten Gresik sebanyak 62 pelanggar dan Kabupaten Sidoarjo sebanyak 72 pelanggar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/09/112200615/masih-banyak-pengguna-kendaraan-di-surabaya-yang-melanggar-aturan-psbb-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.