Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Aksi Nekat Begal, Begini Cara Aman Berhenti di Pinggir Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com – Perampokan yang dialami pengendara kendaraan bermotor tak hanya terjadi pada malam hari. Kini aksi nekat begal bahkan terjadi di siang hari, seperti yang dialami pengemudi Kijang Innova di Depok, Jawa Barat, Selasa (5/5/2020).

Dalam video rekaman yang diunggah akun @depok24jam di Instagram, tampak satu unit Kijang Innova yang tengah berhenti di pinggir jalan.

Entah karena sudah dibuntuti sebelumnya, mobil tersebut tiba-tiba didekati dua motor yang masing-masing ditumpangi dua orang.

Barang hasil curian kabarnya dapat diamankan, namun pencuri berjumlah empat orang tersebut berhasil lolos.

Aksi nekat pencuri yang beroperasi siang hari itu sebetulnya bisa diantisipasi. Salah satunya fokus dan waspada saat di jalan, serta jangan berhenti sembarangan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, pada prinsipnya saat menentukan akan berhenti di suatu daerah, seseorang harus mempertimbangkan keamanan dan keselamatan dirinya.

Misalnya saat berhenti di pinggir jalan, pastikan posisi mobil tidak mengganggu kendaraan yang lalu lalang. Jangan sampai saat kita berhenti sejenak malah menimbulkan kemacetan.

“Selain itu berhenti harus di tempat yang aman dan punya ruang yang cukup untuk melarikan diri saat kondisi darurat,” ucap Sony, kepada Kompas.com, Selasa (5/5/2020).

“Pastikan kunci pintu saat keluar atau di dalam mobil. Selalu perhatikan dan waspada dengan kondisi sekeliling,” katanya.

Sementara itu, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, mengatakan, alih-alih berhenti di pinggir jalan, lebih baik pengemudi mencari tempat yang layak dan aman untuk parkir.

“Lebih baik tidak parkir di pinggir jalan, karena selain risiko perampokan, juga ada risiko terserempet dan tertabrak kendaraan lain,” kata Marcell, saat dihubungi Kompas.com pada hari yang sama.

“Kalau memang harus di pinggir jalan, pilihlah tempat yang menyediakan lahan parkir atau ruang untuk berhenti. Pastikan kendaraan dipinggirkan, sedekat mungkin dengan trotoar, dan spion dilipat agar tidak terserempet kendaran lain,” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/06/033200915/hindari-aksi-nekat-begal-begini-cara-aman-berhenti-di-pinggir-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke