Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nuansa Balap 70-an pada Yamaha RX 125 Twin

JAKARTA, KOMPAS.com - Populasi Yamaha RX 125 Twin tidak banyak di Indonesia. Motor 2-tak ini dipasarkan pada 1975 hingga 1979. Sekarang ini, cukup sulit ditemui yang kondisinya masih prima.

Untuk itu, restorasi menjadi solusi yang dilakukan para pecinta motor tua. Salah satu yang sudah direstorasi adalah RX 125 Twin milik Mulyanto.

Motor miliknya tersebut direstorasi untuk dijual kembali di Instagram miliknya @motor_tua_jakarta. Namun, RX 125 Twin lansiran 1975 miliknya tidak direstorasi seperti awal motor ini dipasarkan di Indonesia.

"Konsepnya mengikuti livery speed block dengan warna dasar biru. RX 125 Twin yang dipasarkan di Amerika seperti ini. Kalau di Indonesia, kan pakai warna merah," ujar Mulyanto, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Mulyanto menambahkan,Speed Block adalah desain ikonik dari Yamaha yang ciri-cirinya ada blok-blok hitam di atas dasar putih yang asalnya diambil dari garis start.

Desain awalnya menggunakan latar belakang kuning. Desain ini juga diterapkan pada motor balap Yamaha, baik di ajang balap GP500 atau flat track.

RX 125 Twin terkenal juga dengan performanya yang luar biasa. Mulyanto pun juga menyentuh area mesin untuk direstorasi. Meskipun dibiarkan standar, tapi tetap diservis dan dipoles agar tampilannya enak dilihat.

Namun, kaki-kakinya tidak direstorasi seperti aslinya. Mulyanto lebih memilih menggunakan pelek palang tiga agar kesan balap yang sudah ditampilkan pada livery Speed Block semakin kuat.

Untuk restorasi RX 125 Twin, Mulyanto mengatakan, suku cadangnya masih tidak begitu sulit untuk dicari. Sebab, beberapa suku cadang masih sama seperti seri RX lainnya.

"Beberapa suku cadang ada yang sama seperti RX 100. Tapi ada yang susah dicari, yaitu jok orisinilnya. Kalau yang saya pakai, ini bikin sendiri dari RX-King," kata Mulyanto, yang menghabiskan waktu 2 minggu untuk merestorasi motornya.

Sisanya, sebagian besar masih orisinil, seperti lampu sein, knalpot, karburator, bahkan speedometer pun masih asli. Speedometer dan takometer juga bukan sekadar pajangan atau pelengkap saja, tapi masih berfungsi dengan baik.

@motor_tua_jakarta: Jl. H. Batong Raya No.mor 3, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430, 0852-2852-5828.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/13/094200115/nuansa-balap-70-an-pada-yamaha-rx-125-twin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke