Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspada, Efek Musim Hujan terhadap Kaki-kaki Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki musim hujan, pemilik mobil harus lebih memperhatikan beberapa hal agar kondisi mobil selalu optimal. Salah satunya menjaga kesehatan bagian kaki-kaki, seperti sokbreker dan turunannya.

Sebagai komponen yang berada paling dekat dengan jalan, bagian kaki-kaki jadi yang paling rentan kena air dan kotoran.

Imam Choiri alias Apre, pemilik bengkel AP Speed di Cipinang Jakarta Timur, mengatakan, jika bagian kaki-kaki rawan rusak akibat terkena air, terutama saat musim hujan seperti sekarang.

“Untuk kaki-kaki seperti sokbreker akan mudah dihinggapi kotoran dari air hujan, karena air hujan membawa kotoran seperti pasir dan lainnya,” ucap Apre kepada Kompas.com belum lama ini.

Seperti diketahui, seal sokbreker yang terpapar air dan kotoran saat didiamkan akan menyebabkan kotoran mengering. Kotoran yang mengering itu membawa pasir yang dapat membuat as sokbreker baret.

“Kerusakan kecil pada bagian sokbreker itu jika didiamkan, lama-kelamaan akan membuat sokbreker bocor,” ujarnya.

Sementara itu, air juga membuat sedikit masalah pada sistem pengereman, terutama apabila mobil tidak langsung dibersihkan seusai menerjang hujan.

“Hal ini karena pasir yang ikut terbawa air hujan akan masuk ke bagian kampas rem dan bisa menggores bagian piringan cakram,” kata Apre.

Ia menyarankan, bagi pemilik mobil sehabis menerjang hujan atau banjir untuk segera menyemprotkan bagian kaki-kaki dengan air bertekanan tinggi.

“Intinya jangan sampai kotoran mengendap cukup lama, karena juga bisa menyebabkan karat,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/14/155549815/waspada-efek-musim-hujan-terhadap-kaki-kaki-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke