Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibuka pada 15 Desember 2019

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Irjen Pol Istiono memastikan bahwa Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II) atau Elevated dibuka pada 15 Desember 2019.

"Tanggal 15 Desember 2019 nanti akan diberlakukan elevated mulai dari Kilometer (Km) 10 sampai Km 48," ucap Istiono yang dikutip dari NTMC Polri, Selasa (3/12/2019).

Lebih lanjut, Istiono mengatakan, dibukanya tol layang yang membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat itu akan sangat membantu kelancaran arus lalu lintas menjelang musim mudik dan liburan Natal serta tahun baru.

Namun, memang akan ada titik perlambatan yang terjadi, terutama pada saat akan naik menuju jalan tol layang tersebut.

"Akan ada penumpukan, tapi hanya sedikit saja. Pada hakikatnya akan terjadi kelancaran karena dengan jalur di atas tidak akan bersinggungan dengan jalur Cikampek yang di bawah," ucap Istiono.

"Untuk jalur kemacetan di luar jalan tol sendiri antara lain itu pasti di kawasan Nagrek, pasti padat. Untuk penguatan keamanan, kami kerahkan 160.000 personel," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JCC) Djoko Dwijono mengatakan, pekerjaan konstruksi jalan tol layang tersebut telah mencapai 99,95 persen.

Ketika sudah bisa dilintasi, pengguna jalan dari arah Jakarta dapat mengakses dari Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jalan Tol JORR, dan Jalan Tol Jagorawi. Setelah itu kembali melanjutkan menggunakan Jalan Tol Layang untuk menuju ke arah Bandung atau Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sebaliknya, pengguna jalan dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bandung dapat menggunakan Jalan Tol Trans-Jawa dan Jalan Tol Cipularang, kemudian dilanjutkan menggunakan Jalan Tol Layang guna menuju Jakarta.

"Sisa pekerjaan saat ini kami sedang mengejar penyelesaian expansion joint yang saat ini masuk dalam tahap leveling diratakan hingga sama dengan aspal. Selain itu, ada pekerjaan barrier di bagian bawah," kata Djoko.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/04/070200415/tol-layang-jakarta-cikampek-dibuka-pada-15-desember-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke