Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kawasaki W175 Jadi Chopper Inggris

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menghadirkan motor dengan nuansa klasik yang cukup kental pada W175. Motor ini sebenarnya lebih mudah untuk di-custom dengan gaya cafe racer atau scrambler.

Tapi, di tangan dingin Febrian Ramadhan, builder Tole Motorworks dari Bogor, W175 di-custom dengan konsep yang berbeda. Menurut Febrian, W175 ini menganut aliran Chopper Inggris.

"Motor custom yang berbasis W175 belum ada yang menganut aliran Chopper Inggris. Selain itu, chopper identik dengan motornya yang sederhana," ujar Febrian, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Febrian menambahkan, dirinya memang sengaja ingin membangun motor W175 dengan tampilan sederhana dan terlihat bersih.

Hampir semua bagian merupakan hasil custom sendiri oleh Tole Motorworks. Bagian dari W175 yang dipertahankan hanya nomor rangka dan suspensi depannya.

Dengan total pengerjaan mencapai empat bulan, Febrian membeberkan, proses tersulit saat membangun motor ini ada di bagian gir dan rem, serta sasisnya.

"Sebab, bagian rem dan rumah gir belakang jadi satu, itu yang mencirikan Chopper Inggris. Itu yang menjadi salah satu kesulitan, karena kita menyesuaikan center gir depan dan belakang, serta posisi gir dan rem menjadi satu," kata Febrian.

Febrian melanjutkan, proses tersulit lainnya adalah saat menyatukan sasis depan dengan sasis belakang yang dibuat rigid. Salah satu kesulitannya, karena harus center, depan ke belakangnya.

W175 Chopper Inggris ini juga diikutkan dalam ajang kontes motor custom di Yogyakarta, beberapa waktu lalu, yakni Kustomfest 2019.

Data spesifikasi Kawasaki W175 Chopper Inggris:
Lampu depan: Blc
Tangki: Custom
Knalpot: Custom
Pelek depan: Akront 21-185
Pelek belakang: Akront 19-185
Ban depan: Unili 21-300
Ban belakang: Fuckstone 19-400
Setang: Custom
Jok: Custom
Tromol: Custom
Drumbrake: Triumph

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/26/090200415/kawasaki-w175-jadi-chopper-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke