Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Kirim Mitsubishi Xpander ke Vietnam Secara CKD

JAKARTA, KOMPAS.com – Suksesnya penjualan Mitsubishi Xpander tahun fiskal 2018 di Vietnam, membuat Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan bakal memproduksinya secara lokal di sana mulai 2020.

Rencana ini dilakukan lantaran Vietnam telah menjadi salah satu tujuan terbesar ekspor Xpander. Seperti diketahui, sudah ada 13 negara yang mengimpor mobil buatan Cikarang ini.

Negara-negara di Asean, Afrika Selatan, hingga Amerika Latin jadi tujuan terbanyak ekspor Xpander. Mulai dari Mesir, Vietnam, Thailand, Filipina, Bolivia, Bangladesh, Srilanka, Kamboja, Peru, Mauritius, Brunei Darussalam, dan Myanmar.

Meski begitu rencana MMC yang bakal memproduksi langsung Xpander di Vietnam, memberikan kekhawatiran bagi Indonesia. Proyek Mitsubishi ini disebut dapat mengurangi potensi ekspor dan mengurangi devisa negara yang didapat dari Vietnam.

Apalagi pemerintah belakangan tengah fokus untuk meningkatkan ekspor. Walau demikian, menurut Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, Indonesia tetap akan menjadi basis ekspor untuk Vietnam.

Nakamura juga berujar, Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) tetap mengirimkan Xpander ke Vietnam namun dalam bentuk komponen terurai atau completely knocked-down (CKD).

“Pabrik di Vietnam hanya akan menjadi fasilitas perakitan saja, jadi Xpander di sana bukan lagi CBU (Completely Built Up), tapi CKD dari Indonesia,” ujarnya kepada Kompas.com (4/11/2019).

Selain itu, dirakitnya Xpander di Vietnam malah akan berpotensi meningkatkan ekspor CKD dari Indonesia. Hal ini justru akan berdampak positif pada bertambahnya kapasitas produksi komponen yang dilakukan MMKI.

“Kami di Indonesia dan Thailand punya banyak supply chain komponen, kalau di Vietnam sedikit, tidak sebanyak di sini,” kata Nakamura.

Untuk diketahui, saat ini hanya Xpander dan L300 yang diproduksi secara lokal di Indonesia. Model lain seperti Pajero Sport dan Triton berasal dari Thailand, sedangkan Outlander PHEV dan Eclipse Cross diimpor utuh dari Jepang.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/05/075200015/indonesia-kirim-mitsubishi-xpander-ke-vietnam-secara-ckd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke