Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Mobil Terbakar saat Terjadi Kecelakaan Tol Cipularang

Bila dilihat dari dampak yang dihasilkan, hingga 4 kendaraan hangus terbakar, diindikasikan kecelakaan terjadi pada kecepatan tinggi.

Pada dasarnya, terbakarnya mobil karena ada kebocoran pada saluran bahan bakar dan oli mesin. Potensi kebocoran ini, akan semakin besar jika mobil mengalami tabrakan di bagian depan dan belakang karena area mesin atau tangki bahan bakar tergoncang.

Menilik pristiwa di Km 91 Tol Purbaleunyi, kecelakaan terjadi saat kondisi mobil dalam keadaan diam.

Maka, bisa jadi ada hantaman yang sangat keras, mengakibatkan adanya kebocoran yang mengenai tangki bahan bakar dan merusak kelistrikan sebagaimana dikatakan Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi.

"Kemungkinan, karena kondisi saat ditabrak itu diam, langsung terkena fuel system-nya dan ada percikan api dari gesekan material kendaraan dengan jalan atau yang lain," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Selain itu, bocornya cairan radiator coolant yang berperan mendinginkan mesin bisa juga menjadi penyebab kebarakan mobil. Sebab cairan tersebut mengandung zat kimia di mana, ketika ada percikan api saat uap titik didih cairan menetes, akan sangat cepat menyambar ke bagian lainnya.

"Kemungkinannya sangat banyak sebenarnya, namun kebakaran itu intinya terjadi karena ada kebocoran dan ditambah gesekan yang bisa menyebabkan percik api," ujar Didi.

"Penting untuk menjaga jarak aman kendaraan, khususnya bila ada kendaraan bermuatan berat di sekitar. Mengalah saja, yang terpenting aman. Kami turut berduka atas kejadian ini," ujar dia lagi.

Berdasarkan laporan kronologi terakhir yang disitat dari Kompas Regional, Dirgakkum Korlantas Mabes Polri Brigjen Pol Pujiyono Dulrachman, menjelaskan bila insiden tersebut awalnya terjadi karena ada kecelakaan tunggal yang dialami dump truck.

Kondisinya, ada empat kendaraan yang tengah mengantre proses evakuasi truk tersebut, lalu tiba-tiba ada sebuah dump truck bermuatan tanah lain dari arah belakang yang hilang kendali karena rem blong. Truk tersebut langsung menabrak empat kendaraan sebelumnya.

Tepat di belakang truk yang hilang kendali tersebut, ada 15 kendaran lain yang otomatis ikut terlibat dalam insiden maut, hingga akhirnya menyebakan kecelakaan beruntun. Empat kendaraan diinformasikan langsung terbakar akibat kejadian tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/03/113301215/penyebab-mobil-terbakar-saat-terjadi-kecelakaan-tol-cipularang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke