Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiga Jurus Jitu Aplikasi Modifikasi Gaya Rally Look

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi dengan konsep rally look mulai banyak diaplikasi para pecinta roda empat di Indonesia. Ubahan yang dilakukan ternyata relatif tidak begitu banyak. Namun, ada beberapa bagian yang krusial atau utama pada modifikasi ini.

1. Pelek dan Ban
Modifikasi dengan tampilan khas mobil reli cukup krusial pada bagian kaki-kakinya. Menurut Erick Anindyo, pendiri Rally Look Indonesia, ada dua jenis modifikasi rally look dan masing-masing berbeda di bagian pelek dan bannya.

"Modifikasi rally look ada dua jenis, tarmac dan gravel. Kalau tarmac itu untuk aspal, pelek yang dipakai umumnya ring 15 inci sampai 17 inci. Sementara gravel itu untuk tanah, pelek yang dipakai ukuran 14 inci dan 15 inci. Untuk bannya, tarmac menggunakan ban aspal. Lalu, gravel menggunakan ban yang kasar atau ban pacul," ujar Erick, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Erick menambahkan, untuk warna pelek yang banyak dipakai adalah putih, agar terlihat kontras. Tapi tak sedikit juga yang menggunakan warna gold, silver, dan gunmetalic.

"Pelek jenis tarmac dan gravel pun memiliki perbedaan. Bagian jari-jari atau palangnya lebih panjang, fungsinya untuk mendinginkan rem. Bobotnya juga lebih ringan. Sementara pelek untuk gravel, bagian palangnya pendek-pendek. Fungsinya untuk meredam guncangan di jalan yang tidak rata. Bobotnya juga lebih berat dibanding pelek tarmac," ujar Erick.

2. Mud Guard / Mud Flaps
Meskipun terlihat sepele, namun bagian yang satu ini juga bisa meningkatkan aura rally look. Mud guard, mud flaps, alias kepet umumnya menggunakan warna-warna yang kontras dengan warna mobil. Untuk merek-merek yang biasa dipakai, antara lain Sparco atau Rally Armor.

"Langkah selanjutnya setelah ubahan pelek dan ban adalah mud guard atau mud flaps, atau di dunia reli lebih dikenal dengan istilah 'kepet'," kata Erick.

3. Suspensi
Masih di bagian kaki-kaki, suspensi termasuk menjadi pembeda pada gaya modifikasi rally look, antara tarmac dan gravel. Pada umumnya, mobil reli memiliki ground clearance yang cukup tinggi, karena medan yang dihadapi sangat bervariasi. Khusus untuk rally look jenis gravel, biasanya suspensi naik sekitar 2 cm. Selain untuk menunjang tampilan, suspensi yang tinggi juga berguna untuk melewati jalanan yang bergelombang atau tidak rata.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/03/090200815/tiga-jurus-jitu-aplikasi-modifikasi-gaya-rally-look

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke