Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penjualan Mobil Bekas Mulai Kena Efek Pemilu

JAKARTA, KOMPAS.com - Efek Pemilihan Umum (Pemilu) ternyata tak hanya menggangu penjualan mobil baru, tapi juga untuk pasar mobil bekas (mobkas). Sejak Februari lalu, penyerapan unit mobkas sudah mulai terasa lebih lambat dibandingkan awal tahun 2018 lalu.

Menurut Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, tahun politik memang cenderung akan berdampak pada penjualan mobil bekas. Salah satu alasannya hampir sama dengan konsumen mobil baru, yakni lebih memilih melihat kondisi lebih dulu.

"Kurang lebih sama lah. Mereka juga lihat situasi dan nahan belanja dulu, kalau dibandingkan dengan tahun kemarin (2018), saat ini yah cenderung turun, apalagi mulai dari bulan kedua lalu," ucap Herjanto saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (23/3/2019).

Meski turun, namun Herjanto mengatakan pasarnya masih berjalan, terutama untuk segmen mobil kecil seperti citycar atau hatchback. Sejak awal tahun lalu, banyak konsumen mulai melirik kedua jenis mobil tersebut, bahkan lebih laris dibandingkan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) dan MPV sejuta umat.

"Mungkin jelang Lebaran baru mulai ada pergerakan lagi, tapi bisa jadi tidak agresif karena waktunya mepet. Kalau ada pameran promo mobil baru memang kita tidak bisa hindari, itu menjadi salah satu kendala kami, tapi seperti yang selalu saya bilang segmennya beda antara mobil baru dan bekas," ucap Herjanto.

"Cenderung stagnan, dibilang naik tidak turun juga sedikit. Untuk mobil bekas sebenarnya mengikuti mobil baru, kalau pergerakan mobil barunya bagus pasti bekasnya juga mengikuti, untuk Pemilu sendiri sebenarnya tidak bisa dijadikan patokan, kalau saya lihat memang karena pasarnya saja yang sedang turun, memang belum momennya," ucap Fischer.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/03/25/082200815/penjualan-mobil-bekas-mulai-kena-efek-pemilu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke