Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MotoGP Terapkan Regulasi Baru "Long Lap Penalty"

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak penyelanggara MotoGP akan memasukan long lap penalty sebagai salah satu daftar hukuman baru. Aturan yang sudah mulai diuji coba ini, akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pebalap untuk bersikap sportif di musim 2019.

Sistem long lap penalty sebenarnya dibuat untuk menggantikan sanksi penalti turun satu posisi bagi pebalap yang melanggar. Tapi menyusul respons positif dari pebalap setelah diuji coba, maka aturan ini pun telah ditetapkan untuk masuk dalam daftar hukuman.

Hukuman long lap penalty diberikan bagi pebalap dengan cara melewati suatu area atau trek tertentu yang sudah disediakan. Tujuannya agar pebalap tersebut kehilangan banyak waktu.

Dalam gelaran tes di sirkuit Losail, Qatar, sistem penalti ini diterapkan pada tikungan 6. Lintasannya telah diberikan sepasang garis putih sebagai penanda rute yang harus dilintasi bagi pebalap yang terkena penalti.

Race Director MotoGP Carlos Ezpeleta, mengatakan regulasi ini nantinya akan diterapkan di sebagian besar sirkuit yang sudah terdaftar pada kalender MotoGP.

Valentino Rossi yang sudah sempat menjajal sistem penalti baru ini berpendapat bahwa aturan tersebut akan membuat pebalap kehilangan waktu sekitar dua sampai tiga detik. Bahkan Andrea Dovizioso menggangap ide penalti sangat bagus untuk diterapkan dibandingkan harus kehilangan posisi.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/02/26/084200115/motogp-terapkan-regulasi-baru-long-lap-penalty-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke