Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nissan Leaf Jadi Mobil Listrik Terlaris

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Leaf jadi produk mobil listriknya yang berhasil merajai penjualan mobil listrik dunia. Dari catatan yang dikeluarkan Center for Solar Energy and Hydrogen Research Baden-Wurttemberg (ZSW), produk plug in electric vehicle tersebut terjual sebanyak 363.940 unit di seluruh dunia, sepanjamg 2018.

Kesuksesan ini tidak lain karena Leaf sudah dijual sejak satu dekade lalu di pasaran Amerika dan Jepang. Meski bayang-bayang perusahaan mobil listrik seperti Tesla dan BYD dari China berkembang belakangan ini, Leaf nampak tidak memiliki rival sepadan dari sisi kepopuleran penjualan.

Dari catatan penjualan global tersebut Tesla Model S berada di urutan kedua dengan penjualan 243.200 unit, disusul BAIC EC-series dengan total 172.850 unit di tempat ketiga.  Dari data tersebut diketahui juga bahwa kendaraan listrik di seluruh dunia sudah mencapai 5,6 juta unit pada 2018 lalu, naik 64 persen dari 2017 dengan terhitung model EV dan plug-in hybrid.

Nissan Leaf sendiri merajai pasar Eropa, dimana pabrikan China belum bisa masuk ke dalamnya. Leaf populer di negara seperti Norwegia yang tercatat memiliki 12.000 unit kendaraan listrik tersebut.

Nissan Leaf menggunakan motor listrik EM57 dimana motor tersebut mampu mengeluarkan tenaga 150 ps pada putaran 3.283 sampai 9.795 rpm. Torsinya cukup besar yakni 320 Nm pada 0 sampai 3.283 rpm.

Leaf menggunakan baterai tipe Li-ion dengan kapasitas 40 kWH yang mampu menempuh 400 kilometer dalam satu kali pengisian daya. Untuk pengisian daya normal membutuhkan waktu 16 jam, quick charging dengan baterai terisi 80 persen membutuhkan waktu 40 menit.

Nissan Leaf sendiri pernah diperlihatkan pada ajang pameran otomotif nasional beberapa waktu lalu. Pihak Nissan Motor Indonesia ingin memperkenalkan model kendaraan listrik mereka untuk memperlihatkan kesiapan bila Indonesia ingin masuk ke era kendaraan listrik.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/02/21/122400915/nissan-leaf-jadi-mobil-listrik-terlaris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke