Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sikap Tepat Berkendara Ketika Persimpangan Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah rekaman kecelakaan tengah viral di media sosial. Kecelakaan yag terjadi Senin (24/9/2018), berlangsung di perempatan BCP, Bekasi, Jawa Barat yang melibatkan sebuah angkot dan dua pengendara sepeda motor.

Dari rekaman tersebut terlihat angkot melaju kencang melanggar lampu merah kemudian dari sisi lain, datang sepeda motor yang bergerak karena lampu hijau. Tabrakan pun tidak terhindarkan dan menyebabkan dua korban luka.

Rekaman kejadian ini pun ditanggapi banyak warga net yang perhatian dengan keselamatan saat berada di persimpangan jalan. Mereka berharap ada pengawasan dari petugas di lapangan terhadap pengguna jalan nakal yang melanggar karena persimpangan di lokasi kejadian cukup besar.

Dari sisi keselamatan berkendara, bagaimana sikap yang benar saat berada di persimpangan? Instrukturk keselamatan berkendara dan pegiat keselamatan di jalan raya Rudy Novianto mengungkapkan persimpangan selalu menjadi bagian jalan yang rawan terjadinya kecelakaan.

"Kenapa persimpangan penuh resiko karena ada kendaraan dari dua arah atau lebih berupaya menempati ruang yang sama. Berada di persimpangan jelas harus mematuhi syarat lampu APILL (alat pemberi isyarat lalu lintas), merah berhenti hijau jalan dan kuning berhati-hati," ucap Rudy saat dihubungi Senin (24/9/2018).

Namun di masyarakat terlanjur ada kebiasaan saat di lampu merah berubah hijau, persimpangan seolah menjadi garis start dalam satu balapan. Rudy menggambarkan semua langsung melesat tanpa melihat sekeliling dan ini adalah perilaku berbahaya.

Sama halnya dengan kendaraan yang melihat hijau dari jauh, menambah laju kendaraannya untuk mencuri kesempatan lampu hijau tersebut meski saat ia tiba lampu sudah berubah merah.

"Terlepas dari kejadian viral tersebut, sikap yang tepat di persimpangan adalah berhati-hati. Bila melihat lampu hijau dari jauh jangan menambah kecepatan, turunkan kecepatan perlahan. Lihat kiri dan kanan persimpangan," ucap Rudy.

Begitu juga saat lepas dari lampu merah di persimpangan. Rudy menyarankan untuk tidak buru-buru tancap gas, namun perhatikan sekeliling terlebih dulu.

"Kasih waktu jeda dua detik. Jangan buru-buru jalan. Ini agar berhati-hati jika ada yang mencuri kesempatan saat lampu merah dari arah lain. Terus pantau kondisi sekeliling dan jangan langsung tancap gas," ucap Rudy.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/09/25/172200015/sikap-tepat-berkendara-ketika-persimpangan-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke