Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makassar dalam Proses Mematangkan Kultur Modifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Perkembangan tren modifikasi sepeda motor di setiap daerah berbeda-beda tentunya. Sejauh ini seolah yang ramai hanya pulau Jawa saja, tapi kalau mau membuka mata ternyata wilayah lainnya sudah mulai menjamur.

Makassar salah satunya, yang sudah dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan Honda Modif Contest (HMC). Andy Wijaya, Senior Manager Marketing Communication Astra Honda Motor (AHM) juga mengakui, kalau pecinta modifikasi di Makassar memang terus berkembang.

Populasi pemilik kendaraan yang bergabung atau membentuk komunitas juga sedang massif. Sehingga kultur motor bukan hanya sebagai moda transportasi, tapi juga ekspresi seni semakin dianut sebagian biker.

Hidayat Priyo Wibowo, builder dari Retro Syndicate yang juga menjadi juri dalam ajang HMC 2018, mengaku juga sudah memantau perkembangan dari dunia modifikasi Makassar.

“Kemajuannya luar bisa, jika dahulu mungkin tahapannya memancing mereka (pemodifikasi) mau unjuk gigi dan keluar buat memperlihatkan karyanya, dan membentuk mental. Kali ini mereka lebih percaya diri lagi,” ujar Hidayat, Sabtu (27/7/2018).

Lebih dari itu, melihat dari sudut pandang juri, dirinya menyebut tahun ini sudah naik level. Mulai dari konsep yang sudah semakin dieksplorasi, berfikir out of the box dan without a box, dan semua dikerjakan sampai tuntas.

“Terus terang, dari 175 peserta dan setiap kelasnya terisi rata, dan cukup kompetitif. Kemajuan di Makassar ini, membuat dunia modifikasi tidak Java Centris lagi, tidak Jawa lagi,” ujar Hidayat.

“Jadi geliatnya sudah semakin hidup, budayanya sudah mulai terbentuk. Tidak sedikit juga yang sudah mengerti cikal bakal membangun prototipe motor, di mana memang itu yang mereka kerjakan membangun model baru,” ujar Hidayat.

Lebih dari itu, kata Hidayat, lebih asiknya lagi para pemodifikasi dari Makassar dan sekitarnya sampai Ambon, para builder sudah tidak asal dalam memodifikasi.

"Jadi tidak hanya bentuknya bagus tapi juga fungsional, dan unsur-unsur mekanikalnya terpenuhi,” ujar Hidayat.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/07/29/123200715/makassar-dalam-proses-mematangkan-kultur-modifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke