Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Dongkrak Kemampuan Produksi Otomotif Indonesia

Kompas.com - 11/07/2017, 19:11 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Pabrik SGMW Motor Indonesia menambah kemampuan industri dalam negeri. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pabrik baru ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan produksi nasional menjadi 1,2 juta unit per tahun.

Pabrik SGMW Motor Indonesia berdiri di area seluas 60 hektar di Greenland International Industrial Center (GIIC) Blok BA Nomor 1 dan 2, Sukamahi, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Kapasitas terpasangnya 120.000 unit per tahun, namun Airlangga menyebut bisa mencapai 150.000 unit per tahun dengan target pasar domestik dan ekspor.

Model pertama SGMW Motor Indonesia adalah MPV Confero S dengan rencana produksi 8.000 unit pada tahun ini. Pada tahun depan dua model tambahan bakal diproduksi lokal.

“Kehadiran SGMW Motor Indonesia diharapkan mendongkrak kapasitas menjadi 1,2 juta unit per tahun dan mendukung program nasional keterlibatan komponen nasional, baja, resin, karet, dan aluminium, sebelum 2019 sudah bisa dipasok industri dalam negeri,” kata Airlangga dalam pidatonya.

Maket pabrik SGMW Motor Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa BaratFebri Ardani/Otomania.com Maket pabrik SGMW Motor Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat

Airlangga juga menjelaskan pendalaman struktur industri otomotif bakal semakin dalam didukung peta jalan industri baja. Ketersediaan bahan baku baja yang cukup bakal dimulai pada 2019.

Selain meningkatkan produksi lokal, datangnya pemain industri baru menyegarkan harapan Indonesia bisa mencapai penjualan mobil domestik menjadi 2,5 juta unit pada 2020 seperti target pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com