Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diesel Hybrid Bikin Suzuki Ertiga Loncat Signifikan

Kompas.com - 18/06/2017, 15:46 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Persaingan segmen low MPV membuat banyak merek harus punya diferensiasi agar tetap eksis. Rupanya, hal ini sukses dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan tipe mesin diesel hybrid yang ternyata mendongkrak penjualan Ertiga secara keseluruhan.

SIS melalui Direktur Pemasaran Donny Saputra menyodorkan data, bahwa market share Ertiga di pasar retail low MPV kembali naik pada Mei 2017 lalu. MPV 7-penumpang ini merebut pangsa pasar 15,8 persen, naik 2,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

”Kenapa bisa naik? Salah satu faktor penting adalah sumbangan Eriga Diesel. Produk ini sangat diminati, khususnya di daerah Jawa Timur. Prediksi di awal, tipe ini akan berkontribusi 20 persen untuk penjualan Eriga, dan angka itu terealisasi,” ujar Donny, (16/6/2017).

Jawa Timur menjadi daerah yang paling meminati Ertiga diesel, karena menurut Donny, karakter pengguna mesin diesel transmisi manual, kelas low MPV merek-merek terdahulu, Jawa Timur meledak. Fenomena ini terulang kembali dengan produk Suzuki.

Pasar Tersendiri
Faktor kedua setelah sumbangsih diesel hybrid, Ertiga ternyata punya pasar tersendiri di segmen low MPV. ”Saat kami kroscek, ketika konsumen melakukan pembelian apakah mereka memikirkan merek lain atau tidak? Ternyata mereka nggak terlalu mempertimbangkan,” ujar Donny.

Artinya, bahwa konsumen Ertiga sudah mengincar produk ini berdasarkan referensi yang sudah mereka dapat. Mereka-mereka yang sudah yakin inilah yang ternyata jumlahnya cukup banyak dan cenderung tak memikirkan merek lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com