Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Mau Melokalisasi Gerai di Indonesia

Kompas.com - 14/06/2017, 08:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - BMW Group Indonesia dan perusahaan furniture lokal PT Matahari Alka (MALKA) siap memberikan sentuhan baru di tiap gerai BMW Indonesia. Kerja sama ini merupakan bagian dari BMW Future Retail Program yang menjadi bentuk komitmen dalam mengembangkan pasar kendaraan premium di Tanah Air.

Kolaborasi ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di kawasan Asia Pasifik. Program BMW Future Retail merupakan strategi jangka panjang BMW Group yang fokus pada investasi di bidang sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, serta platform digital untuk menghadirkan pengalaman premium bagi pelanggan, khususnya dalam proses jual-beli kendaraan

Baca : Rasanya "Disetirin" Fitur Semi Otonomus BMW Seri 5

“Implementasi program ini dimulai sejak 2014, saat itu BMW Group menyadari bahwa perkembangan zaman telah merubah cara pengambilan keputusan pelanggan saat melakukan pembelian kendaraan. Untuk itu, secara bertahap BMW melakukan perubahan pada proses penjualan retail," kata Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia, dalam sesi buka puasa bersama di Jakarta, (13/6/2017).

Salah satu pilar penting dari program tersebut adalah soal infrastruktur dalam hadirkan pengalaman brand dan pelayanan terbaik. Dengan penggunaan material dan penempatan furnitur yang tepat, jadi poin untuk menghadirkan impresi yang kuat dan tingkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand dan produknya.

“Kami percaya kolaborasi ini dapat mendukung langkah strategis untuk menghadirkan showroom yang memenuhi standar internasional serta memberikan pelayanan premium. Selain itu, dengan jalinan ini juga menegaskan komitmen untuk memberikan dukungan bagi perkembangan industri dalam negeri," kata Keren.

dok. BMW Kerjasam BMW dengan furniture lokal

Menurut Keren, jumlah investasi finansial yang telah dikucurkan BMW Group Indonesia dan para mitra strategisnya bernilai lebih dari Rp 255 miliar. Hal ini digunakan untuk pelatihan SDM sebagai pilar menciptakan Business Consultant dan Product Genius yang memberikan solusi atas isu yang dimiliki pelanggan dengan pengetahuan brand, produk, dan pelayanan. Selain itu, platform digital juga menjadi aspek penting di era keterbukaan informasi.

Baca : Mengintip "Sarang" Distribusi BMW di Jepang

“Keberhasilan PT Matahari Alka untuk turut memegang peran di salah satu program strategis BMW membuktikan bahwa produk Indonesia memiliki standar kualitas yang tinggi dan dapat bersaing dengan negara lain,” ucap Andreas Kamdani, Factory Director PT Matahari Alka dalam kesempatan yang sama.

Jadi, meskipun mobil-mobil yang dirakit di Indonesia masih minim komponen asal dalam negeri, setidaknya gerai BMW sudah bercitarasa lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com