Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat Dengan Civic Type R (Video)

Kompas.com - 24/03/2017, 15:06 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Amerika, KompasOtomotif - Honda sukses menampilkan generasi terbaru dari sport car-nya, Civic Type R, dalam gelaran Geneva Motor Show beberapa waktu lalu. Mobil yang akan diproduksi di Inggris ini, rencananya juga akan masuk ke Amerika Serikat pada bulan April mendatang dalam acara New York Auto Show 2017, namun ada perbedaan soal tenaganya.

Dilansir dari Autoevolution, Civic Type R 2018 datang mengusung mesin berkapasitas 2.000 cc turbocharged empat silinder. Olahan tenaga yang tersalurkan ke roda depan melalui transmisi enam percepatan mampu memproduksi tenaga hingga 316 tk dengan torsi 400 Nm, tapi untuk pasar Amerika sendiri tenaga maksimalnya turun hingga 10 tk, jadi 306 tk.

Namun demikian, turunnya tenaga tidak membuat persoalan utama, karena titik terkuat Civic Type R bukan pada mesin, melainkan sasis terbarunya, yakni FK8. Dengan mengusung sasis baru, Civic Type R diklaim jauh lebih ringan, namun cangkang bodinya lebih kaku yang membuat mobil tetap rigid menampak di aspal.

Autoexpress Honda Civic Type R terbaru hadir di Geneva Motor Show 2017.

Dari hasil pengembangan para insinyur Honda, berkat sasis baru ini tingkat rigid dari Civic Type R naik 38 persen dibandingkan model sebelumnya. Dikombinasikan dengan suspensi depan model strut, poros putaran setir menjadi lebih stabil saat dikendalikan.

Sedangkan untuk suspensi belakang tetap mengusung model yang sama dengan sebelumnya, yakni multi-link independen. Namun sudah mendapat beberapa pengembangan, seperti high-rigidity arms, dan adaptive dumpers. Honda pun mengkalim Civic Type R sebagai mobil yang memiliki stablilitas tinggi dalam kecepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com