Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Marquez Siksa Skutik Bongsor Honda di Salju

Kompas.com - 07/03/2017, 12:20 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Austria, KompasOtomotif - Juara dunia MotoGP 2016 Marc Marquez kembali bikin heboh. Setelah sempat memacu RC213V dilintasan salju beberapa waktu lalu, kini hal serupa kembali dilakukan Marquez menggunakan skutik petualang Honda, yakni X-ADV.

Lintasan balap salju di pegunungan Kitzbuehel, Austria, menjadi lahan untuk beraksi menggunakan skutik yang diluncurkan di ajang EICMA, November 2016 lalu. Dilansir dari Autoevolution, Marquez melakukan hal tersebut dengan ban yang diberikan paku agar bisa mencengkram lebih sempurna.

"Saya menyukainya (Honda X-ADV), karena ini skutik yang berbeda. Skutik ini seperti SUV sesungguhnya, saya sangat menikmati berkendara di atas salju dengan ban berpaku," ucap Marquez.

Honda X-ADV merupakan skutik berkapasitas 745 cc dua silinder yang dibekali transmisi dual clutch transmission (DCT) seperti yang digunakan Vultus. Sebagai skutik petualang, X-ADV memiliki tampilan yang sedikit bongsor.

Berat keseluruhannya mencapai 238 kg, sedangkan jarak jok ke tanah mencapai 820 mm. Untuk menyesuaikan kebutuhan pengendara, Honda membuat ukuran bagasi yang cukup lapang, yakni 21 liter.

Tampilannya sekilas dibuat seperti Africa Twin, mulai dari handguard, windshield yang bisa diseting lima level, sampai instrumen cluster bergaya rally. Sektor kaki -kaki skutik ini menggunakan pelek jari-jari berdimensi 17 inci untuk depan, dan 15 inci di bagian belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com