Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Versi 4-Roda Motor Marc Marquez

Kompas.com - 10/09/2015, 16:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Frankfurt, KompasOtomotif - Buat siapa saja yang gemar MotoGP tentu tahu sepeda motor RC213V yang pertama kali digunakan tim balap Repsol Honda pada 2012 dan kini dipakai dua pebalapnya Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Nah sekarang siapa sangka ternyata versi roda empatnya telah dibuat?

Proyek radikal itu disebut Project 2&4. Desainnya single-seater dengan posisi pengemudi di sebelah kiri. Rancangan khusus aspal sirkuit ini merupakan kolaborasi studio desain honda roda dua dan roda empat.

Worldcarfans Honda 2&4 didesain sebagai mobil trek single-seater. Pengemudi memantau kondisi mobil lewat head up display.
Bentuk bodi terinspirasi dari desain mobil Formula One (F1) Honda RA272 pada 1965 yang merupakan kontestan pertama dari Jepang yang memenangkan Grand Prix. Sumber penggerak berasal dari mesin kompetisi RC213V V4 999 cc bertenaga 210 tk @13.000 rpm dan torsi 118 Nm @10.500 rpm.

Febri Ardani Repsol Honda bersama Astra Honda Motor meresmikan seragam baru RC213V di Bali, Minggu (1/2/2015).
Tenaga dan torsi 2&4 disalurkan lewat transmisi kopling ganda 6-percepatan. Honda memang belum membeberkan kemampuan asli 2&4, tapi bisa dipastikan gerak bodi unggul dalam manuver sebab titik pusat gravitasinya rendah. Tinggi 2&4 tdak lebih dari satu meter dan memiliki berat hanya 405 kg. .

Honda mengatakan Project 2&4 bakal mendebut di Frankfurt Motor Show pecan depan. Belum jelas apakah akan dibuat versi produksinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com