Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proton Masih Punya Dua Model Baru Setelah Iriz

Kompas.com - 18/02/2017, 16:33 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif –  Setelah empat tahu terakhir melempem di Indonesia tanpa produk baru, produsen asal Malaysia kini mulai gebrak pasar otomotif tanah air dengan model barunya Proton Iriz, Sabtu (18/2/2017).

Chief Executive Proton Holdings Berhad Dato’ Ahmad Fuaad Kenali mengatakan, sebagai tanda kebangkitan mereka di Indonesia juga, bakal ada dua model lain lagi yang dihadirkan di Indonesia setelah Iriz, Proton Saga dan Persona yang masuk ke segmen sedan.

“Kami sudah lama juga tidak meluncurkan model di Indonesia,” ujar Dato’ Ahmad, Sabtu (18/2/2017). Namun, bos Proton ini belum memberikan informasi secara detail terkait kapan peluncuran akan dilakukan.

Target Jualan

Menantang Daihatsu Sirion, Honda Brio, Toyota Etios dan Mirage, Dato’ Ahmad masih belum berani umumkan target jualannya di Indonesia. Mereka masih memantau respon pasar, akan produk barunya ini.

“Terkait dengan target, kami saat ini masih ingin lihat terlebih dahulu sambutan masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta. Ini adalah tipe yang sangat baik, dan kami pantau dahulu responnya di sini,” ujar Dato’ Ahmad.

Di pasar Malaysia sendiri Proton Iriz terjual kurang lebih 1.000 unit perbulannya, dengan komposisi 80 persen untuk tipe 1.3L dan sisanya 1.6L. Sementara di Brunei Darussalam pasar kedua Iriz setelah Malaysia, dijual sekita 30 unit perbulannya.

“Saya Iriz juga memiliki kriteria yang pas, untuk konsumen yang ingin upgrade dari model LCGC ke level yang lebih tinggi. Saat ini mereka sudah menggunakan LCGC sekita dua sampi tiga tahun, dan tahun ini saatnya sudah mengganti ke yang lebih tinggi,” ujar Dato’ Ahmad.

Ghulam/KompasOtomotif Proton Iriz 1.3L.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com