Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Akhirnya Mengaku Melakukan Pemalsuan di Korsel

Kompas.com - 04/01/2017, 15:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Nissan Motor akhirnya membenarkan pernyataan pemerintah Korea Selatan, yang mengatakan bahwa unit lokal dari merek Jepang tersebut telah memalsukan dokumen sertifikasi untuk dua model, seperti dikutip Nikkei, Rabu (4/1/2017).

Sebelumnya pada Senin (2/1/2017) Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan mengumumkan kalau mereka telah melarang penjualan model sport utility vehicle (SUV) Nissan Qashqai dan sedan Infiniti Q50, serta mengenakan denda sesuai dengan hasil penyelidikan.

Baca juga : Nissan, BMW dan Porsche Bermasalah di Korea Selatan

Pihak Nissan dalam siaran resmi menyatakan, pihaknya akan terus mengikuti instruksi otoritas terkait, dalam hal ini Pemerintah Korea Selatan, dan memastikan bahwa insiden seperti itu tidak akan pernah terjadi lagi.

Kabar mengenai perselisihan Nissan dengan pemerintah Korea Selatan ini sudah mengemuka sejak Juni lalu. Namun, saat itu pihak Nissan masih bersikeras kalau tuduhan pihak Korsel masih belum memiliki dasar, dan menolaknya.

Baca juga : Nissan Dituntut Pemerintah Korea Selatan

Bahkan pihak Nissan sempat berencana untuk menyeret Kementerian Lingkungan  Hidup Korea Selatan ke pengadilan. Saat itu, pihak Korsel meminta Nissan untuk membayar denda 340 juta won atau  Rp 3,7 miliar dan melakukan recall untuk Qashqai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com