Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ada Napas TVS di Indonesia, Meski Tipis

Kompas.com - 15/12/2016, 07:47 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Memasuki penghujung tahun, PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) mengklaim perkembangan positif sebagai modal 2017. Hal ini dilihat dari sisi penjualan yang mengalami pertumbuhan cukup signifikan. Ya, merek TVS di Indonesia masih punya nafas.

Seperti dalam rilis resmi yang diterima KompasOtomotif, (15/12/2016), penjualan pada Januari-November 2016 mencapai 22.154 unit (total penjualan domestik dan ekspor), atau meningkat 17 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni 18.942 unit.

Sepanjang 11 bulan pertama tahun ini TMCI juga aktif mengekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Afrika. Jumlah sepeda motor yang sudah dikirim ke mancanegara menyentuh 20.399 unit. Raihan ini berarti meningkat 12 persen dibandingkan Januari-Desember 2015.

Strategi Baru
Kerja keras TVS memang berbuah manis. Namun jika dilihat dari sisi yang lebih jauh, pencapaian merek India ini jauh dari total pasar domestik di Indonesia. Raihan 22.154 unit selama 11 bulan pertama 2016 didominasi oleh pencapaian ekspor, yakni 20.399 unit.

Artinya, TVS hanya mampu menjual 1.755 unit sepeda motor di pasar domestik. Angka yang sangat kecil jika dibandingkan merek tetangga. Raihan TVS itu hanya mampu merebut secuil kue (0,03 persen) pasar sepeda motor di Indonesia yang sudah mencapai 5 juta unit.

Itulah kenapa, TMCI mulai menjalankan strategi baru. Selain meningkatkan penjualan ekspor, mereka kini berupaya meningkatkan penjualan domestik dengan produk kategori Premium.

TVS Akula 310, konsep sepeda motor sport akan dijadikan andalan masa depan. TMCI mengklaim, motor kembaran BMW G310R (tapi versi ber-fairing) ini mendapat review dan respons baik dari konsumen dan pengunjung IMOS 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com