Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Fuso di Bandung Menang Absolut

Kompas.com - 08/10/2016, 10:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Mitsubishi Fuso benar-benar menguasai pasar Bandung. Sepanjang tahun ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengklaim bahwa market share di Kota Kembang sudah mencapai 71,8 persen, atau bisa disebut menang mutlak.

Menurut Doni Maksudi, Deputy Group Head of MFTBC Field Group, dalam konferensi pers Truck Campaign di Bandung, (7/10/2016), pencapaian ini tak lepas dari produk yang cocok dengan karakteristik pasar Bandung yang banyak berbisnis di sektor komoditi.

”Mereka (konsumen) merasa terbantu dari sisi produk, begitu juga dengan suku cadang. Kami menjaga kepercayaan dengan banyak agenda. Sektor perdagangan sangat kuat di Bandung, meski banyak juga sektor pertanian,” kata Doni.

Bandung juga disebut Doni memberikan kontribusi terhadap penjualan Mitsubishi Fuso di Jawa Barat sebesar 37 persen. Sementara, kontribusi Jawa Barat terhadap penjualan Mitsubishi Fuso secara nasional mencapai 15 persen.

Doni mengakui, kontribusi utama penjualan kendaraan niaga yang terdiri dari varian Colt Diesel (light truck) dan Fuso (medium-heavy duty truck) masih dipegang Jabodetabek. Lalu berlanjut di Sumatera, tepatnya Riau dan Medan, lalu Jawa Timur, dan menyusuk Jawa Barat.

Daerah lain
Lalu, bagaimana nasib Mitsubishi Fuso di daerah lain? Doni dengan lantang bahwa rata-rata sudah menjadi penguasa. Misalnya Sumatera dengan market share di atas 60 persen. Sementara Jabodetabek, meski banyak jangkauan merek lain, juga tetap bersaing.

”Market share di Jabodetabek 43 persenan. Basic-nya banyak konsumen fleet, angkutan boks dan ringan. Di daerah ini banyak yang pakai brand lain, tapi kalau di daerah, kuncinya suku cadang dan kemudahan servis,” ucap Doni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com