Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Baut Motor Baru Cepat "Dol"

Kompas.com - 07/09/2016, 16:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifGrease atau gemuk tak cuma berfungsi untuk melumasi beberapa komponen pada motor lama dan usang. Ternyata, benda semipadat ini juga penting digunakan untuk motor baru. Kok bisa?

Penjelasannya begini, banyak kasus di bengkel ketika ingin mengganti komponen fast moving, prosesnya tersendat gara-gara kesulitan bongkar pasang. Hal itu disebabkan baut-baut atau uliran tak bisa dibuka, bahkan banyak yang ”dol” alias uliran aus.

Misalnya, penggantian kanvas rem cakram. Banyak kasus untuk komponen ini, baut susah dibuka. Ujung-ujungnya, tukang bubut yang justru beraksi untuk membukanya.

”Tak cuma komponen bergerak, baut-baut pada bodi motor juga kadang susah dibuka, terutama buat pengguna yang jarang merawat motor,” ucap Sulaiman, mekanik bengkel sepeda motor Honda di Jl Radin Inten-RS Soekanto, Jakarta Timur, belum lama ini.

Jika salah dalam membuka baut yang berkerak atau berkarat, patah akan menjadi akibat paling buruk. Ini semua bermuara dari usia komponen yang cukup lama dan jarang sekali dibuka. Karat dan saling menempel adalah risikonya.

”Kalau motor baru umumnya baut-baut masih gampang dibuka. Disarankan, baut-baut yang kelihatannya bakal susah dibuka di kemudian hari, diolesi grease dan dipasang lagi. Baut tidak akan berkarat dan menempel,” kata Sulaiman.

Pemberian grease tidak perlu ”lebai”, secukupnya saja. Kalau sudah melewati proses ini, Sulaiman menjamin baut-baut pada roda, rem, sampai bodi-bodi bawah pun siap dibuka kapan saja dengan mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com