Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lubang Pada Rem Cakram, Apakah untuk Gembok?

Kompas.com - 10/03/2016, 10:21 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor produksi baru kebanyakan sudah mengadopsi rem cakram, setidaknya pada roda depan. Jenis sistem pengereman ini diklaim punya performa lebih baik dibanding tromol.

Salah satu komponen rem ini yang mudah dikenali, adalah piringan (disc) cakram, biasanya berbentuk lingkaran, walaupun ada juga yang tidak. Pada piringan itu, biasanya juga terdapat banyak lubang-lubang, yang biasa dimanfaatkan biker, sebagai jadi dudukan atau pegangan gembok.

Namun, apakah lubang memang tersebut dibuat untuk fungsi menempatkan gembok, yang biasa dilakukan biker, untuk menghindari pencurian? Atau ada fungsi lain dari lubang-lubang pada rem cakram?

Dua Fungsi

M Abidin, GM Aftersales Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menjelaskan maksud  dari lubang tersebut. Dirinya mengatakan, desain cakram seperti itu memiliki dua fungsi utama.

“Lubang pada cakram punya dua tujuan, pertama untuk mempermudah proses pelepasan panas. Pelepasan panas yang dimaksud yaitu gesekan yang terjadi saat pengereman, antara piringan dan kanvas rem,” ujar Abidin kepada KompasOtomotif, Rabu (9/3/2016).

Kemudian yang kedua, lanjut Abidin, lubang-lubang dibuat untuk pengurangan bobot kendaraan. Selain itu, banyaknya lubang juga ditentukan oleh kebutuhan daya rem.

"Ini biasanya disesuaikan dengan besarnya power motor yang digunakan , sehingga pengendalian total sepeda motor akan seimbang, antara power mesin dan power pengeremannya," tutur Abidin.

“Jadi lubang tersebut, bukan didesain untuk tempat gembok cakram,” ujar Abidin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com