Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha NMAX ”Terjatuh” untuk Pertama Kalinya

Kompas.com - 19/08/2016, 14:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha NMAX ”terjatuh” untuk pertama kalinya pada Juli 2016. Setelah mengalami kenaikan penjualan beruntun sejak awal tahun, skutik bongsor itu tiba-tiba merosot tajam, cuma terjual 15.761 unit. Angka itu berarti anjlok 41 persen dibandingkan Juni yang tercatat 26.787 unit.

Penurunan ini mengikuti tren pasar sepeda motor yang juga ambles bulan lalu. Secara total, bulan lalu, Yamaha cuma mampu mengirimkan sejumlah 90.015 unit, atau turun 29 persen dari Juni yang berhasil menjual 127.224 unit.

NMAX yang menjadi andalan pada bulan-bulan sebelumnya dan tak pernah sekali pun turun, akhirnya tumbang juga. Nasib yang sama juga dialami V-Ixion yang juga merosot tajam dibandingkan bulan Juni 2016 lalu.

Kendati demikian, NMAX tetap dominan. Total penjualan domestik NMAX mencapai 133.360 unit. Angka itu belum termasuk jumlah ekspor dari Januari hingga Juli 2016 yang mencapai 24.240 unit.

Berbeda dengan pasar domestik, catatan ekspor Juli NMAX mengalami pertumbuhan. Dibanding Juni 2016, terjadi peningkatan angka ekspor sebesar 51 persen.

”Bulan Juli, Yamaha Indonesia mulai kerja dari tanggal 12 sehingga totalnya drop. Tidak hanya NMAX, hampir semua turun,” ucap Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Jumat (19/8/2016).

Artinya, penurunan yang dialami NMAX itu belum tentu karena permintaan yang berkurang. Masykur ingin menegaskan bahwa total unit yang dikirim ke diler berdasarkan jumlah hari kerja yang memang terpotong libur Lebaran.

Yamaha justru merasakan berkah dari Mio Series. Motor ini menjadi sepeda motor terlaris Yamaha pada bulan Juli 2016, setelah 26.170 unit dilepas ke pasar berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI). Hal ini tak lepas dari diluncurkannya Mio Z yang mulai menjadi tulang punggung baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com