Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IOI Mulai Mulai Bergerak ke Malaysia

Kompas.com - 05/08/2016, 09:02 WIB


Jakarta, KompasOtomotif
- Delegasi Institut otomotif Indonesia (IOI) dan Pusdiklat Kementerian Perindustrian bertolak ke Malaysia untuk menjalin kerjasama pengembangan industri otomotif nasional, di Kuala Lumpur, Kamis (4/8/2016). Perwakilan ini berjumpa dengan tiga instansi otomotif di negara tetangga, yakni Malaysia Automotive Association (MAA), Malaysia Automotive Component Parts Manufacturers Association (MACPMA), Malaysia Automotive Institute (MAI), didampingi Atase Perdagangan KBRI.

Made Dana Tangkas, Presiden IOI, mengatakan, agenda perdana IOI ini merupakan wujud kongret istitusi untuk ikut berupaya mengembangkan industri otomotif di Tanah Air. Secara garis besar, ada tiga agenda yang dibicarakan dengan para perwakilan instansi terkait di Malaysia.

“Untuk menjajaki kerjasama antara universitas atau politeknik di bidang otomotif, pengiriman 1.000 tenaga kerja otomotif yang ahli (dari Indonesia), serta mengundang investor otomotif untuk investasi di Indonesia,” kata Made kepada KompasOtomotif, Kamis (4/8/2016) malam.

Indonesia merupakan negara dengan pasar terbesar di kawasan Asia Tenggara, sehingga mendorong investasi masuk merupakan langkah yang ideal bagi perusahaan multi nasional. “Memproduksi atau menjalin kerjasama (join venture) untuk memproduksi komponennya di Indonesia, sebagai basis produksi di ASEAN,” kata Made, melanjutkan penjelasan.

Otomotif Indonesia, menurut Made, wajib diperkuat posisinya dalam skema Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah mulai bergulir sejak 2015. “Jadi berbagai peluang kerjasama dan teknologi lain perlu dimaksimalkan. Pertemuan selanjutnya akan dilakukan di Jakarta,” kata Made lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com