Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Baru Pabrik Toyota Jaga Produktivitas

Kompas.com - 03/08/2016, 17:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Karawang, KompasOtomotif - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmikan workshop forklift dan towing di Pabrik TMMIN Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/8/2016). Untuk fasilitas ini TMMIN menggandeng PT Traktor Nusantara (TrakNus) dan Toyota Industries Corporation (TICO).

Pembangunan fasilitas maintenance yang disertai dengan program pelatihan ini, ditujukan demi meningkatkan efisiensi aktivitas produksi di pabrik tersebut. “Kerja sama ini muncul dari keinginan untuk memaksimalkan kemampuan tiga pihak ini, dalam memperkuat daya saing industri otomotif Indonesia di tingkat global,” kata Presiden Direktur TMMIN Masahiro Nonami dalam sambutannya.

Nonami juga melanjutkan, kalau perputaran logistik di dalam pabrik, merupakan unsur penting untuk ketepatan waktu dalam aktivitas produksi.  “Tentunya jika komponen tidak bisa dikirimkan secara tepat waktu dan aman, proses produksi akan terkendala yang berimbas pada inefisiensi,” kata Nonami.

Direktur Administrasi TMMIN Bob Azam menambahkan, pihaknya terus berupaya agar faktor-faktor yang bisa menghambat proses produksi diatasi. Seperti salah satunya dari faktor forklift dan towing, yang terjamin performa serta maintenance-nya dengan kehadiran workshop ini.

Ghulam/KompasOtomotif Bengkel forklift dan towing resmi berdiri di pabrik TMMIN Karawang.

“Sebelum ada fasilitas ini, kami harus menunggu perbaikan forklift yang cukup memakan waktu, ini akan mengurangi efisiensi produktivitas. Untuk itu kami bekerja sama membangun fasilitas ini,” ujar Bob.

Tekanan Ekonomi

Bob melanjutkan, setidaknya ada tiga elemen yang bisa menyebabkan inefisiensi, seperti mesin yang mati ditengah jalan, lalu supply komponen (logistik) terlambat atau over flow, lalu produk yang cacat atau defect. Ketiga masalah tersebut bisa menurunkan efisiensi produksi mencapai 30 persen.

“Jadi persoalanya di kami itu, bagaimana dalam situasi ekonomi sedang tertekan ini, kami bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas supaya tetap bisa bersaing. Kalau ketiga elemen itu bisa kami tekan, produktivitas bisa membaik. Karena itu, kami bekerja sama dan dimulai dari yang kecil-kecil, seperti workshop forklift dan towing ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com