Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Nmax Makin Deras ke Mancanegara

Kompas.com - 01/08/2016, 12:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Nmax masih menjadi salah satu fenomena yang tercipta dari Yamaha di Indonesia. Tak hanya sukses merebut hati pasar domestik, tetapi juga makin besar permintaannya dari luar negeri.

Enam bulan pertama 2016, Nmax masih memegang rekor ekspor terbesar yang dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Sepanjang Januari-Juni tahun ini, 19.640 unit Nmax mengalir ke berbagai negara yang tersebar di Asia, Australia, Amerika Serikat, Amerika Selatan, dan Eropa.

Juni lalu, Nmax telah dikirim sejumlah 3.040 unit, atau naik 38 persen dibandingkan Mei, 2.200 unit. Nmax yang dikirim ke luar negeri beda mesin dengan versi yang dijual di Indonesia, terutama dari kapasitas mesin yang pada umumnya memboyong 125 cc karena regulasi.

Sementara itu, penyumbang ekspor paling banyak kedua adalah YZF-R25, yang di negara lain dikenal dengan YZF-R3. Total ada 17.720 unit dalam enam bulan pertama pada 2016 ini yang dikirim ke mancanegara.

Setelah menjadi motor official VR46 Riders Academy dalam program Master Camp di Italia oleh Valentino Rossi, YZF-R3 makin dikenal luas.

Ekspor terbanyak ketiga Yamaha pada enam bulan pertama 2016 adalah MX King 150. Sports moped ”King of Street” itu didistribusikan ke luar Indonesia sebanyak 15.800 unit. Filipina masih menjadi negara pemasok utama.

”NMAX dan R25/ R3 masih menjadi yang paling banyak diekspor. Seperti di dalam negeri, NMAX jadi motor favorit di pasar luar juga. Tentunya kondisi ini sangat menggembirakan di tengah market yang tengah lesu,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM dalams siaran resmi (1/8/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com