Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Sedan Ayla” di Malaysia Pakai Mesin Avanza

Kompas.com - 18/07/2016, 16:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber Paultan

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Produsen terbesar di Malaysia, Perodua, sedang bersiap meluncurkan sedan pertamanya, Bezza, 21 Juli nanti. Model terbaru itu menggunakan basis yang sama seperti hatchback Axia yang sudah kita ketahui sebagai versi rebadge plus modifikasi dari Daihatsu Ayla.

Bezza adalah produk sangat menarik, rancangan bodi sedannya mengungkap bukti kalau Ayla sebenarnya juga bisa dibuat demikian. Meski begitu sedan cocok untuk Malaysia sebab lebih digemari di sana, butuh pertimbangan sangat matang jika saja Daihatsu memutuskan membuat versi sedan Ayla untuk Indonesia.

klgadgetguy.com Perodua Bezza, versi sedan Axia. Menggunakan "platform" yang sama seperti Daihatsu Ayla di Indonesia.
Tinggi dan lebar Bezza identik dengan Axia, namun lebih panjang setengah meter karena ada bagasi. Walau memiliki basis sama, mobil produksi lokal ini menggunakan panel bodi yang berbeda dengan Axia.

Platform bukan satu-satunya hal yang diambil Perodua dari Daihatsu. Bezza juga menggunakan mesin alumunium 4-silinder 1.3L berkode 1NR-VE. Kalau Anda pikir seperti pernah tahu kode itu, benar saja, sebab mesin itu sudah digunakan pada edisi terakhir Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza di Indonesia.

Namun, mesin itu bukan diimpor dari Tanah Air melainkan diproduksi Perodua di pabrik mesin baru di Sendayan. Mesin 1.3L itu berteknologi Dual VVT-I jadi diklaim irit. Spesifikasi tenaga 94 tk pada 6.000 rpm dan torsi 121 Nm pada 4.000 rpm.

Bezza juga punya pilihan mesin lebih kecil, yakni 1.0L 3-silinder 1KR-VE. Unit itu berbeda dengan jantung pacu Axia/Ayla yang menggunakan 1KR-DE.

Mesin 1.0L Bezza menghasilkan 67 tk pada 6.000 rpm dan torsi 91 Nm pada 4.400 rpm. Perodua mengonfirmasi mesin itu lolos sertifikasi Energy Efficient Vehicle (EEV).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Paultan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com