Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mobil Murah" Dijajaki Perodua di Malaysia?

Kompas.com - 11/02/2014, 19:11 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotifSpyshot yang diunggah pembaca salah satu laman asal Malaysia, Paultan.org, (11/2/2014), cukup mengejutkan. Tampak melenggang sosok mirip Toyota Agya atau Daihatsu Ayla warna putih di jantung kota Kuala Lumpur, tepatnya di Jalan Duta. Semua emblem ditutup, seperti sedang melakukan tes jalan.

Diduga kuat, Perodua—produsen mobil terbesar kedua di Malaysia setelah Proton—akan memproduksi mobil murah dan ramah lingkungan itu, pastinya dengan rebadge alias mengganti merek dan nama untuk menjadi identitas baru. Langkah tersebut bukanlah hal baru, mengingat Perodua cukup sering me-rebadge  mobil-mobil yang diproduksi Daihatsu di beberapa negara.

Apalagi, CEO Perodua, Datuk Aminar Rashid pernah menyatakan bahwa model pengganti Viva akan dilansir pertengahan tahun ini. Kecurigaan lantas mengarah ke model ini, yang dengan dimensi dan segmen yang sama akan digantikan ”Ayla-Agya”.

Jika memang demikian, ”Agya-Ayla” akan diproduksi di sana, memakai fasilitas baru Perodua Global Manufacturing di Sungai Choh, Rawang, Malaysia. Sementara girboks akan diproduksi di pabrik Sendayan Industrial Park, Negeri Sembilan.

Jika benar, tampang mobil hasil goresan desainer PT Astra Daihatsu Motor ini akan banyak muncul di negara lain. Sebelumnya Agya sudah diekspor ke Filipina dan diganti dengan nama Wigo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com