Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Seri 7 Beralih ke Hibrida “Plug-in”

Kompas.com - 15/07/2016, 20:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Munich, KompasOtomotif – Model kasta tertinggi BMW, Seri 7, kini dilengkapi dengan teknologi hibrida plug-in dari divisi i. Mobil yang bisa mendapat tenaga baterai dari listrik rumahan itu tersedia dalam tiga varian, 740e iPerformance, 740e iPerformance long wheelbase, dan 740e xDrive iPerformance.

Semua varian menggunakan mesin generasi terbaru 2.0L beserta dua motor listrik, kombinasi tenaganya mencapai 326 tk dan torsi 500 Nm. Kemampuan itu disalurkan lewat transmisi otomatis 8-percepatan ke kedua roda belakang atau keempat roda (xDrive).

Kondisi baterai saat terisi penuh bisa membawa bodi mobil pergi sejauh 40 km, tergantung konfigurasi yang digunakan. Butuh waktu sekitar empat jam untuk mengisi baterai menggunakan charger standar, namun bisa di bawah tiga jam jika memakai aksesori BMW i Wallbox.

Dalam kondisi hanya menggunakan tenaga listrik, kecepatan tertinggi bisa mencapai 140 kpj. Lalu mesin pembakaran bakal otomatis bekerja jika pengemudi menekan pedal gas lebih dalam. Saat semua sumber tenaga bekerja, varian 740e xDrive I Performance bisa berakselerasi 5,3 detik dari 0 – 100 kpj.

Di jalanan, BMW Seri 7 menyatakan jati diri sebagai keluarga hibrida plug-in dari penampilan eksterior. Terdapat tambahan emblem eDrive dan i, serta gril berwarna biru.

BMW mengonfirmasi kepada Autoblog, Kamis (14/7/2016), model hibrida plug-in Seri 7 tersedia pada Agustus dan dijual mulai 90.095 dollar Amerika Serikat (Rp 1,1 miliar). Di Indonesia, generasi BMW Seri 7 yang jadi basis versi hibrida plug-in ini baru meluncur di Indonesia pada Oktober 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com