Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Mulai Tinggalkan Diesel

Kompas.com - 06/07/2016, 14:33 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Masa kejayaan mobil bermesin diesel memudar di India. Empat tahun yang lalu satu dari dua unit mobil yang terjual adalah diesel, kini rasionya menjadi satu dari empat unit.

Dari data Society of Indian Automobile Manufacturers (SIAM), penjualan diesel pada Januari – Mei 2016 hanya sebesar 26 persen dari total penjualan nasional. Sugato Sen, Deputy DG SIAM, mengatakan, pada empat tahun yang lalu diesel mencapai 52 persen.

Menurut Economic Times, Selasa (5/7/2016), alasan paling signifikan yang bikin penjualan diesel jatuh karena Pemerintah India sudah menghentikan subsidi buat bahan bakar diesel. Akibatnya harga bahan bakar diesel semakin mendekati versi bensin.

Dampaknya, efisiensi diesel kurang lagi dianggap begitu menguntungkan.

Selain itu, keputusan Mahkamah Agung di India yang melarang mesin diesel di atas 2.000cc beredar di New Delhi juga dikatakan sebagai faktor kunci mesin diesel ditinggal peminat.

Merosotnya penjualan diesel sudah terasa di bisnis ritel. Dijelaskan, stok unit diesel menumpuk di diler jadi terpaksa ditawarkan dengan diskon agar bisa melepas beban stok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com