Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Diizinkan Jual Mobil di Jepang

Kompas.com - 03/07/2016, 09:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Empat mobil Mitsubishi yang terkena skandal emisi, sudah kembali dipasarkan. Sebelumnya, pemerintah Jepang sempat membekukan penjualan produk Mitsubishi tersebut, sebelum mendapatkan lampu hijau.

Mengutip Nikkei, Sabtu (2/7/2016), diler Mitsubishi di seluruh Jepang sudah mulai menerima pesanan sejak Jumat (1/7/2016), untuk model eK Wagon dan eK Space. Kemudian juga untuk dua model lainnya yang dipasarkan oleh Nissan Motor, Dayz dan Dayz Roox.

Keempat model telah ditarik dari pasar Jepang pada tanggal 20 April, ketika Mitsubishi Motors mengaku manipulasi data uji emisi. Setelah melakukan pemesanan pada Jumat, kendaraan akan dikirim ke konsumen pada Selasa (5/7/2016).

Salah satu pejabat diler Mitsubishi mengatakan, penjualan pada pembukaan awal di hari Jumat terbilang rendah, bisa jadi karena hari kerja. Mitsubishi Motors sendiri telah menginstruksikan para dilernya untuk tidak melakukan promosi secara besar-besaran.

"Terkait dengan ini, kami sudah diberitahukan tiga hari sebelum dibuka kembali pemesanan produk tersebut. Harga yang dibanderol juga masih sama, dibanding sebelum skandal. Beberapa diler mungkin menyediakan beberapa penawaran menarik seperti diskon dan aksesori," kata pejabat diler tersebut.

Dibukanya kembali penjualan tersebut, maka pabrik Mizushima di Prefektur Okayama akan kembali beroperasi. Empat produk tersebut dirakit dan akan memulai uji produksi pada Senin (4/7/2016).

Jumlah volume produksi akan terus ditambah sampai 5.000 unit (total empat model) hingga Juli (20/7/2016). Kemudian di September, dua shift kerja mulai diaktifkan, dan volume kembali ditambah menjadi 9.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com