Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Rio, Pertamina Mau Indonesia Terkenal Dibanding Bali

Kompas.com - 30/06/2016, 16:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Misi PT Pertamina memberikan dana buat pebalap asal Solo, Rio Haryanto, agar bisa berkarir di Formula One (F1) musim ini bukan hanya sebagai sponsor tapi juga memperkenalkan Indonesia ke mata dunia. Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, di Jakarta, Rabu (29/6/2016), menyampaikan ingin Indonesia lebih dikenal daripada pulau pariwisata Bali.

“Kami bukan hanya promosi Pertamina tapi juga mendukung anak bangsa yang berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia,” kata Dwi.

motorsport.com Rio Haryanto pebalap F1 Manor Racing asal Indonesia
Suntikan dana Pertamina buat Rio sebesar 5 juta Euro. Dibayar cicil empat kali kepada Manor, tim kasta terbawah yang dibela Rio musim ini. Keuntungan dari itu, logo Pertamina tertera di semua atribut Rio dan mobil balap MRT05 milik Manor.

Jumlah uang Pertamina memang masih kalah dibanding perusahaan minyak dan gas asal Malaysia, Petronas, yang mendanai tim paling berpeluang juara musim ini Mercedes-AMG. Namun, perlu diakui Pertamina dan Rio telah mengangkat nama Nusanatara lewat salah satu ajang balapan paling mahal di muka bumi.

“Karena mungkin dengan begitu orang tahu oh ada Indonesia. Kan orang mulai tanya Indonesia itu di mana, jangan sampai kita kalah terkenalnya dengan Bali,” ucap Dwi.

Pertamina saja belum cukup. Saat ini Rio baru mengumpulkan dana balapan 8 juta Euro termasuk uang keluarga dan manajemen. Jika ingin menyelesaikan satu musim, Rio butuh total 15 juta Euro. Entah seperti apa nasib Rio selanjutnya, sebab jika tidak dibantu lagi dia akan balapan terakhir pada seri ke-11 di Hungaria.

Manor sudah rela menunggu demi Rio. DIkatakan, batas terakhir keputusan ditunggu sampai awal Juli. Bila tidak ada kepastian, Manor bakal mencari pebalap lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com