Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemanja Perjalanan Ada di Lingkar Kemudi

Kompas.com - 29/06/2016, 16:22 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Surabaya, Kompas Otomotif – Guna menyambut musim mudik Lebaran 2016 yang akan datang beberapa hari lagi, beberapa ruas tol baru di pulau Jawa di aktifkan untuk membantu kelancaran arus mudik. KompasOtomotif bersama tim Merapah Trans Jawa meninjau kesiapan ruas-ruas tol baru ini mulai dari Pejagan, Brebes Timur, hingga Bangil, Rembang di Jawa Timur.

Keadaan jalan di ruas tol baru ini sudah cukup baik dengan lapisan aspal dan beton mendominasi. Kontur jalan pun terbilang mulus meski ada beberapa jalan yang bergelombang.

Kondisi jalan mulus dengan trek lurus ini terkadang membuat pengendara tergoda untuk memacu kendaraan melebihi batas kecepatan. Padahal pihak jalan tol telah memasang rambu batas kecepatan yang disarankan untuk melalui ruas-ruas tol tersebut.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO BMW X1 di ruas jalan tol Mojokerto Barat - Mojokerto Utara, Jawa Timur, Selasa (28/06/2016). Ruas jalan tol ini akan digunakan sementara untuk jalur mudik Lebaran 2016.

Beruntung, tim Merapah Trans Jawa ditemani All New BMW X1, Sport Activity Vehichle (SAV) kompak yang menawarkan kenyamanan. Faktor kenyamanan ini bahkan didapatkan dari lingkar kemudi.

BMW X1 menawarkan fungsi speed limiter yang dapat difungsikan melalui lingkar kemudi. Fungsi ini akan membatasi kecepatan kendaraan sesuai dengan kecepatan yang diinginkan atau menyesuaikan dengan batas kecepatan di jalan tol demi keamanan.

,Cukup tekan tombol “LIM” di lingkar kemudi maka muncul indikator batas kecepatan di instrument panel. Tuas pengatur di sebelah kanan tombol "LIM" dapat men-set kecepatan kendaraan per satuan atau per lima kpj.

KompasOtomotif menggunakan fungsi ini untuk kenyamanan selama mencoba ruas tol Trans Jawa. Kaki di pedal gas tidak perlu melakukan banyak penyesuaian karena kecepatan akan tetap sesuai dengan batas kecepatan yang telah ditetapkan. 

Fitur ini hampir sama seperti fitur cruise control di beberapa tipe mobil BMW. Tujuannya pada kenyamanan mengemudi selama perjalanan jauh sehingga kaki tidak perlu bekerja terlalu banyak sehingga tidak lekas lelah.

Simak terus perjalanan tim Merapah Trans Jawa bersama All New BMW X1 menelusuri ruas tol baru di pulau Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com