Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketangguhan Mesin 1.5L TwinTurbo BMW X1

Kompas.com - 27/06/2016, 14:42 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Brebes, Otomania – Menjelajah proyek jalur Trans Jawa yang akan menjadi urat nadi pulau Jawa memang membutuhkan kendaraan spesial. Pilihan tim ekspedisi Merapah Trans Jawa Kompas.com kepada All New BMW X1 sebagai kendaraan yang menemani perjalanan terus dibuktikan di tiap ruas jalan tol dari Jakarta menuju Surabaya.

Pada hari pertama ekspedisi, tim Merapah Trans Jawa telah mencoba ruas tol baru Pejagan Brebes Timur yang telah diresmikan beberapa waktu lalu. Ruas tol sepanjang 12,5 km ini merupakan salah satu bagian dari ruas tol Pejagan Pemalang sejauh 20,2 km yang akan diresmikan pada tahun 2018.

Ruas tol baru ini telah diaspal dan permukaan cukup baik untuk dilewati beragam kendaraan pemudik nantinya. Ini menjadi tempat pembuktian kendaraan Sport Activity Vehicle (SAV) kompak BMW untuk melibas tol ini.

Berbekal mesin 1.499 cc dengan teknologi TwinPower Turbo, BMW X1 mampu menghasilkan tenaga 136 hp pada 4.400 rpm dan torsi maksimum 220 Nm mulai dari 1.250 rpm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi Steptronic delapan percepatan yang dapat menggunakan mode manual untuk memudahkan pemilihan posisi gigi transmisi serta mendapatkan hentakan tenaga yang pas untuk mendahului kendaraan lain.

Klaim akselerasi 0 sampai 100 kpj dalam 9,7 detik benar-benar membuat kendaraan SAV ini sangat terasa aura sportnya. Melewati tol dengan aspal baru dan berkontur cukup rata ini jelas bukan hambatan bagi BMWX1.

Penasaran bagaimana kelanjutan perjalan Tim Merapah Trans Jawa melewati seluruh ruas tol baru nantinya, simak terus liputan khusus Kompas.com dalam ekspedisi Merapah Trans Jawa.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com