Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Range Rover Evoque Versi "KW" Dijual Bulan Depan

Kompas.com - 22/07/2015, 10:11 WIB
Azwar Ferdian

Editor

Beijing, KompasOtomotif - Jaguar Land Rover nampaknya tak kuasa menahan rivalnya dari China, LandWind, yang disebut meniru desain dari Range Rover Evoque. LandWind X7 sebagai versi tiruan Evoque, akan dijual resmi mulai bulan depan.

LandWind X7 pertama kali meluncur pada ajang Guangzhou Motor Show tahun lalu. Kehadiran X7 jelas membuat JLR kebakaran kenggot. Pasalnya, secara desain SUV tersebut sama persis dengan Evoque. Tak hanya eksterior, bagian interior juga dibuat sama dengan Evoque.

JLR lalu berupaya keras membawa masalah ini ke ranah hukum, agar LandWind X7 tidak bisa dijual di China. Namun, otoritas hukum China tidak menanggapi, dan X7 pun siap dimiliki konsumen negeri Tiongkok tersebut dengan harga murah.

"Kami tidak bisa melakukan apa-apa. Hanya saja kami berharap konsumen di China bisa lebih selektif dalam memilih produk, dan bukan produk hasil pengkopian," jelas bos JLR Ralf Speth, seperti dilansir Autocar India, Rabu (22/7/2015).

Kualitas LandWind X7 memang tidak bisa diadu dengan Evoque. Namun, bila melihat desain yang mirip persis, dan harga yang murah, mungkin konsumen China dengan penghasilan yang tidak tinggi bisa memilih X7. Evoque dibanderol sebesar 62.000 dollar AS (Rp 829,87 juta), sementara hanya 22.000 dollar AS (Rp 294 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com