Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirakit Lokal, Mercedes-Benz Jamin Kualitas Jerman

Kompas.com - 24/05/2016, 15:20 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Bogor, KompasOtomotif - Model sport utility vehicle (SUV) Mercedes Benz GLC, jadi produk Mercedes Benz keenam yang dirakit di pabriknya, Wanaherang, Gunung Putri, Bogor. Sebelumnya produk yang sudah dirakit di Indonesia, yaitu C-Class, E-Class, S-Class, GLE, dan GL.

Bob Azam, Manager Produksi Mercedes Benz Indonesia mengatakan, meski dirakit di dalam negeri, namun kualitasnya sudah berstandar Jerman. Ini jadi tantangan sendiri bagi Mercedes Benz Indonesia ketika merakit ini di Indonesia.

"Kami harus secara detail dan seksama, memastikan perakitan di lokal ini bisa mencapai ketentuan yang ditetapkan oleh Jerman. Jadi Kualitas produk yang diimpor dan yang lokal bisa sama," ujar Bob kepada KompasOtomotif, Selasa (24/5/2016).

Bob melanjutkan, pada semua produk yang dirakit juga sudah menerima persetujuan kualitas dari kantor pusatnya di Jerman. Di mana tim yang disebut sebagai Surveiliance Audit selalu mengawasi seluruh proses, metode kerja, keterampilan dan pengetahuan tenaga kerja lokal, agar sesuai pedoman yang ditetapkan.

"Setiap proses-proses perakitan yang dikerjakan, harus melalui pengecekan kuaitas terlebih dahulu. Di sini, semua aktivitas yang dilakukan di pabrik Mercedes Benz di Wanaherang sudah seluruhnya dikerjakan oleh orang Indonesia, termasuk di bagian pengecekan kualitas," tutur Bob.

Bob menambahkan, sampai saat ini jumlah tenaga kerja mencapai 450 orang. Pabrik Wanaherang Mercedes Benz, yang sudah didirikan sejak 1978, berdiri di atas lahan seluas 42 hektar. Tugas pabrik ini sendiri meliputi perencanaan produksi, teknologi, dan manajemen kualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com